Selasa, 02 Agustus 2011

Mau dibawa Kemana -Short Story-

Mau dibawa kemana hubungan kita. . .
Jika kau terus menunda nunda dan tak pernah nyatakan cinta. .
Mau dibawa kemana hubungan kita. .
Ku tak akan terus jalani tanpa ada ikatan pasti
Antara kau dan aku. .



^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^


“gimana Cha ?? kamu mau ngga jadi pacar aku ??” tanya Cakka dengan wajah penuh harap. Acha—gadis yang ditembak—masih tampak berpikir.

“Eng. . .”

“Gimana ??”

“Aku juga suka sama kamu Cak, tapi. .” Cakka sudah terbang mendengar jawaban Acha. Sayang ada ‘tapinya’.

“Tapi apa ??”

“Tapi aku kan ngga boleh pacaran dulu sama mama papah”

“Terus ??”

“Tapi aku mau pacaran sama kamu” Cakka menatap Acha dengan tampang cengo.

“Terus mau gimana ??”

“kita backstreet ??”

Mata Cakka membulat. “Backstreet ??” Acha mengangguk.

“Kamu mau ngga ??”
Cakka menggaruk kepalanya. “aduhh. .eng. .yaudah deh, ketimbang engga sama sekali”

Mata Acha berbinar binar. “beneran Cak ??”

“Bener lah”

“serius Cak ??”

“Kamu ngga liat tampang aku ??”

“kamu setuju kita backstreet ??”

Cakka nyaris frustasi. “Iya, Achaku yang manis”

“Kamu yakin ??”

Cakka mendesah pelan. “Acha cantik punyanya akang Cakka, Cakka disini menyatakan bahwa Cakka siap, yakin, serius, setuju menjalani pacaran backstreet dengan Acha. Puas ??”

Acha mengangguk riang. “makasih ya Cak”

“hehe iya iya”

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

“Acha, kamu lagi ngapain ??” tanya Cakka sewaktu melihat Acha berdiri manis di depan gerbang.

“lagi ngarit” jawab acha singkat. Lagi lagi Cakka dibuat cengo.

“hihi. .ya enggalah. Kamu tuh emang ngga liat aku lagi berdiri ??”

“hehe ya liat lah. Namanya juga basa basi”

“kamu belum pulang Cak ??” tanya acha balik.
“Yah kalo aku udah pulang, ngga mungkin sekarang aku ada disamping kamu kan ??”

“hehe iyayah. Namanya juga basa basi”

“Beuhhh. . eh, ngga papa nih aku nungguin jemputan kamu ??”

“selama yang jemput mang Dadang sih ngga papa, kalo yang jemput mama atu papa baru bahaya, secara mereka liat aku berduaan sama cowo”

“ohh. . kesian juga kamu”

Ngga lama, dateng mobil Kijang Innova hitam berhenti tepat di depan mereka. Acha mengira itu adalah sopirnya. Makanya dia santai aja ngobrol sama Cakka. Tapi begitu sang pengemudi membuka kaca mobil, Acha tau kalo kehidupannya akan segera berakhir—lebay—.

“Acha, siapa itu ??” tanya wanita yang ngga lain adalah mama Acha, dia menatap tegas kearah Cakka.

“Hah ?? aa…uu..i..ni temen sekelas mah” Acha gelagapan.

“Ngobrol apa kalian ??” tanya mama Acha tegas. Dia tatap Cakka dari ujung ubun ubun sampe udel.

“ngga ngobrol apa apa kok mah, Cuma nanyain PR” jawab Acha yang wajahnya mulai memucat.

“bener begitu ??” mama Acha mengalihkan pandangan ke Cakka.

“Hah ??” Cakka kaget. Acha menatapnya. Tapi Cakka masih belum paham, terpaksa Acha injak kaki cakka.

“Aww. .duhhh. .sak. .eh maaf tante, iya..iya bener apa yang tadi dibilang Acha” timpal Cakka walau dengan wajah meringis.

Mama Acha awalnya curiga, tapi setelah itu dia menyuruh Acha masusk mobil.

“Cak, aku pulang ya” Acha berbisik. Cakka hanya mengangguk sembari tersenyum masam. Sesungguhnya dia bete banget gara gara diinjek Acha.

Acha segera memasuki mobil ketika mamanya kembali memanggilnya.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^
Mama Acha membawa Acha ke satu café. Katanya sih mamanya mau ketemuan sama teman lama, dan mau ngga mau Acha ikut.

“Heyy jeng, maaf ya udah nunggu lama” sambut bu Winda—mama Acha—kepada temannya yang bernama tante Ucie. Layaknya ibu ibu, mereka bercipika cipiki ria.

“Ngga papa jeng, yukk duduk !!”

Bu Winda dan Acha duduk bersebelahan.

“Ini anak saya jeng, namanya Acha. Cantik kan ?? kaya saya” ekspresi tante Ucie sedikit berubah dengar kata kata terakhir Bu winda.

“Ohh, Acha ?? cantiknya. . .mana lucu lagi” puji tante Ucie. Acha menyalami dan mencium tangan tante Ucie.

“hehe makasih tante”

“anak kamu mana Jeng ??” tanya bu winda.

“ohh. . anak saya ngga bisa ikut jeng, katanya ada les apa gitu saya ngga tau. Hoho”

“oh yasudah, lalu gimana dengan rencana kita ??”

“tentu sa. . .”

“Maaf ma, tante, Acha mau ke toilet” pamit Acha. Dia udah ngga betah mendengarkan ocehan ala ibu ibu.

“Yaudah sana, jangan lama lama ya”


Sampai di toilet..

“daripada gue otak gue terkontaminasi sama rumpian mama vs tante ucie, mending gue kabur aja deh..telpon Keke” batin Acha. Lantas dia meng-sms Keke, sahabat kentalnya untuk menungguinya di perempatan deket café. Setelah sukses mendapat persetujuan dari Keke, Acha menyelinap keluar café diam diam.

Sangat disayangkan Acha kabur, karna isi percakapan mamanya dengan Tante Ucie sangatlah penting. Kedua ibu ibu itu sedang menyusun rencana untuk Acha.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

@ rumah

“Acha ?? kamu kemana aja sih ?? mama tuh nungguin kamu di toilet sampe jamuran tau ngga ??!! mama pikir kamu nyasar ke toilet cowo dan ngga mau keluar” cerocos bu Winda ketika dia mendapati Acha sedang duduk manis di depan TV. Di sampingnya ada Pak Joe, papa Acha.

“Dihh enak aja, emang Acha segitu celamitannya apa sampe sengaja masuk toilet cowo ?? Acha tuh tadi mendadak sakit perut. Makanya pulang duluan”

“kenapa kamu ngga bilang sama mama, seenggaknya kan mama ngga kaya bolang disana gara gara nungguin kamu” omel Bu Winda.

“Acha ngga sempet mah, udah melilit banget nih perut.  Tadianya mau kasih tau pas di jalan, tapi..”

“tapi apa ??”

“Tapi batere Acha low…hehehe”

“Kamu tuh ya…”

“Udah lah mah, ngga usah di perpanjang. Tadi pertemuan kamu dengan Bu Ucie gimana ?? salam papa udah dititipin kan ??” celetuk papa Joe.

“Papa tuh genit banget sih ….” Bu winda menjewer telinga Pak Joe.

“Ampunn mah”

“Fuhh, iya mama ampunin. Mama ngga boleh cepet marah, ntar tua. Hehehe..nah mumpung kita lagi kumpul, mama mau ngomong sama kalian tentang rencana yang tadi mama dan tante Ucie bicarakan”

Acha dan papa Joe memasang telinga baik baik, raut wajah serius, tatapn tajam, bibir mengerucut, dan bunyi nafas yang dihela keras keras.

“Mama dan tante Ucie berniat …” Bu Winda menghentikan ucapannya ketika melihat ekspresi wajah suami dan anaknya.

“Kalian yang bener dong ??!! mau dengerin atau mau makan mamah ?? ngga enak banget liatnya” protes bu Winda.

“yaelah, kata mama kita haurs serius kalo ada mama ngomong” balas Pak Joe, Acha mengangguk.

“Ya tapi jangan segitunya juga dong. . oke, kita ulang. Sekarang kalian pasang ekspresi santai…tarik nafas dalam dalam…dan, tersenyumlah” bimbing Bu Winda. Papa Joe dan Acha mempraktekannya dengan benar. Lalu kembali Bu Winda lanjutkan ceritanya.

“oke, jadi rencana mama dan Tante Ucie adalah…..menjodohkan Acha dengan anaknya Bu Ucie” pernyataan mamanya barusan, membuat Acha bagai tersambar petir. “APA ??!!”

“Iya, mama akan menjodohkan kamu dengan anaknya Bu Ucie yang seumuran dengan kamu”

“Huaaa mama, ini kan bukan jamannya Siti Nurbaya lagi, pokoknya Acha ngga mau. TITIKKKK !!!!” tolak Acha keras.

“hey, kamu jangan ngelawan mama ya, ini bukan jamannya malin kundang. Disini, mama lah yang berkuasa”

“Tapi mah, pah tolongin Acha dong”

Papa joe udah siap siap mau ngomong sama Bu winda, tapi pas liat api dipunggung istrinya, papa Joe jiper juga.
“Hehe. . “

“Apa ??!! papa berani sama mama ?? mau mama ungsiin kamar ke halaman belakang ?? biar papa digigitin nyamuk, digerumutin laler, di pipisin kecoa, dirambatin ulet, di…”

“STOPP !! pokoknya Acha ngga mau titikkkk !!!!!!! huaaaa mama jahattttt !!” Acha ngacir ke kamarnya. Disana dia meratapi nasibnya. Gimana hubungannya dengan Cakka ??. Acha kan sayangnya ke Cakka, bukan ke orang lain.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

BRAKKKK !!!
“APA ??!!!!” teriak Cakka pas baca surat kertas yang dikirim Acha pas pelajaran Pak dave, Acha yang duduk 2 bangku di belakang Cakka, memutuskan untuk menulis pesan kertas ke Cakka tentang perjodohannya itu. Dan pas membaca, refleks Cakka kaget dan menggebrak meja. Sontak seisi kelas memandangnya.

“Cakka ?? ada apa ini ??” tanya Pak Dave.

“Hehe..ngga papa Pak, saya Cuma shock aja”

“shock kenapa ???”

“Saya shock gara gara…gara gara saya dapet kabar nenek saya kawin lagi” aku Cakka. Seisi kelas tertawa.

“Ckck. . memang kenapa ?? sudah, kamu kerjakan soal nomer 3” pinta Pak dave.

“Waduhh…saya ngga bisa Pak”

“Coba dulu”

“kan kata caplang, buat anak jangan coba coba pak ??” elak Cakka.

“susah ngomong sama orang susah. Susah nyambungnya, susah konek, ntar malah nambahin kesusahan, jangan membuat saya marah. Saya itu orang yang susah marah” ocehan pak Dave bikin sekelas cengo.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

“kamu udah nolak kan ??” tanya Cakka saat jam istirahat.

“Udahlah Cak, tapi aku tuh tau banget mama kaya gimana, mama orangnya keukeh, keras kepala, kalo itu udah jadi kemauannyaa, ngga akan ada yang nentang”

“terus aku kudu gimana Cha ?? masa putus sih ?? baru aja jadian kemaren ??”

“Jangan putus juga, aku masih sayang banget sama kamu”

“Aku juga”

“Terus gimana ??”

“Eng…gimana kalo aku ke rumah kamu aja ?? aku ngaku ke mama kamu kalo kita pacaran ??” usul Cakka.

“Kamu yakin bakal berhasil ??”

“Insya Allah”

“okedeh..kapan kamu mau ke rumah ??”

“besok sore gimana ?? jam 3 ?”

“Sipp..aku tunggu ya”

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Pakaian Acha sudah rapi sekali. Dia bersiap menunggu sang kekasih hati datang ke rumahnya. Acha udah standby dari jam 2. Dia masih sabar nunggu. Jam setengah 3, ngga ada kabar dari Cakka. Jam 3 tepat, batang hidung cakka ngga nongol juga. Sms pun ngga masuk. Jam setengah 4, mata Acha udah mulai berat. Maklum, biasanya kan dia tidur siang, ini engga. Jam 4, Acha tumbang. Salah sendiri Cakka ditungguin ngga dateng dateng.

Cakka melangkah gontai. Dia abis berdebat sama mamanya. Mamanya maksa ngejodohin Cakka sama anak temennya. Cakka jelas nolak, secara dia udah punya Acha. Kalau Cakka ngga pinter nyari alesan, mungkin sekarang dia masih debat sama mamanya.

Cakka menghentikan langkahnya di depan rumah Acha. Dagdigdug..sebelumnya Cakka udah ngirim sms ke Acha yang bilang kalau dia udah nyampe. Tapi Acha bekum membalas. Jadilah Cakka berdiri di depan gerbang, soalnya Acha sudah mewanti wanti Cakka dan melarang keras Cakka masuk rumahnya sendiri tanpa perlindungan dari dirinya.

Gukkk gukkk…
Suara itu seperti…ya, anjing !!!.
Di sebelah garasi, ada anjing hitam besar dengan airliur menetes netes. Anjing itu menatap tajam kearah Cakka, awalnya Cakka tenang, tapi ketika menyadari pengikat anjing tersebut ngga kencang, sontak dia langsung melarikan diri. Memang Cakka pe’ak—pendek akal—yang namanya anjing, pasti akan mengejar bila mangsanya lari. Itu juga yang dilakukan Cakka. Cakka berlari sejauh mungkin sampai dia menemukan pohon yang cukup strategis dan nyaman untuk memanjat. Dan pohon itulah yang dia gunakan untuk menyelamatkan hidup dari anjing milik sang pacar.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

“maaf Cha, aku dikejar anjing kamu. Cape..mana keringetan. Makanya aku mutusin untuk pulang” tutur Cakka keesokan harinya.

“Ahh kamu Cak”

“Kamu juga sih, kenapa di sms ngga bales ??”

“aku ketiduran. Abis kamu lama banget..kemana aja sih ??”

“Hah ?? engg…motor kempes. Iya, kempes” Cakka terpaksa berbohong karna dia ngga mau bilang yang sejujurnya ke Acha.

“ohhh…terus mau kapan lagi kamu ke rumah ???”

“Aduhhh..gatau Cha, yang jelas sejak anjing itu ngejer aku, aku jadi rada jiper dikit..hehe”

“Beuhhh…dasar”

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

TOKK TOKK…
Acha tersentak. Dipasangnya telinga baik baik. Ada suara ketukan. Acha yang sedang berbaring di ranjangnya lantas bangkit dan berjalan kearah pintu. Pas membuka pintu, dia ngga liat siapapun.

“Anehh..perasaan tadi ada yangketok ketok deh” gumamnya.

Tokkk tokk..
“tuh kan..” batinnya sekali lagi. Acha mengedarkan pandangan keseluruh kamar, dan terkejut begitu melihat Cakka sedang menampakan kepalanya di jendela. Nyaris saja Acha teriak.

“Cha, bukainn” Cakka membisikkan sesuatu. Kamar Acha memang ada di lantai bawah sehingga ngga sulit buat orang orang menyentuh jendela kamarnya.

Acha membuka kunci jendelanya dan membiarkan kepala Cakka masuk.

“kok kamu bisa nyampe sini ?? cokro kemana ??” tanya Acha.

“Hah ?? cokro ??”

“Iya dia anjing aku”

“Ohaha..dia udah tewas alias tidur”

“lah kenapa kamu ngga masuk lewat pintu utama aja ? kan mumpung ada kesempatan. Eh malah ngendap ngedap kaya maling kesini”omel Acha.

“Oh iya, aku baru keinget. Hehe..yaudah deh, aku ke pin…”

“ACHA !!! makan malem dulu sayang” teriak mama Winda yang berjalan menuju kamar putrinya. Acha kelabakan, Cakka masih diam di tempat.

“iya maaaaa !!” sahut Acha.
“Cakka, kamu pergi dulu, sebentar lagi mama masuk kesini. Bisa mati aku kalo mama liat kamu”

“tapi Cha,,,”
“cepet  !!” Cakka menurunkan kepalanya, dia tumpukan kedua tangannya di bibir jendela. Acha begitu panik. Dia sangat mengkhawatirkan ibunya tau kehadiran Cakka. Tanpa pemikiran lagi, Acha segera menutup kencang jendelanya lagi, dan dia ngga tau tangan Cakka terjepit disitu.

Tepat setelah menutup jendela, bu winda membuka pintu kamar.
“Acha ?? ngapain kamu ada di jendela ??”

“Hah ?? ngga papa mah, iseng aja” ucapnya seraya menutupi badan jendela. Sementara diluar, Cakka meringis menahan perih tangannya yang terjepit.

“Kamu kenapa ?? ada yang kamu sembunyikan ??” tanya Bu Winda yang menyipitkan matanya dan menatap kearah jendela.
“Hah ?? ngga kok mah, percaya deh sama Acha”
“Yaudah, cepet keluar, mama udah siapin makan malem” selesai mengucap, bu Winda keluar kamar Acha. Acha langsung menoleh kearah Cakka.

“Cakk, kamu ngga papa ??” tanya Acha kuatir. Dia tau tangan Cakka tadi terjepit.

“Ugffhhh…ngga papa gimana ?? ngilu tauuu” sungut Cakka seraya meniup niupkan tangannya.

“hehe maaf ya Cak, terpaksa”

“Yaudah deh aku pulang”

“Cakka ngambek ya ??”

“Dikit”

“Maaf deh Cak”

Tapi Cakka ngga menghiraukan.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Semunggu kemudian…
Acha memberitahuka kepada Cakka bahwa acara perjodohan itu akan dilaksanakan hari minggu ini. Masalah tempat dan waktunya, Acha sendiri ngga tau. Cakka nyaris putus asa. Selama ini, usahanya menemui kedua orang tua Acha selalu gatot. Dari di kejar cokro, tangan terjepit, ban kempes, diguyur air, dikejar satpam bencong, semua udah dilakuin tapi ngga ada hasilnya.

“Terus ?? kamu mau gimana Cha ??”
“terpaksa Acha turutin kemauan mama. Acha udah ngga punya pilihan Cak !”

Airmuka Cakka berubah. “Jadi kamu mau ninggalin aku ??”

“Bukan begitu Cak, tapi aku…”

“Cha, kamu tau kan pengorbanan aku selama ini tuh gimana ?? dan sekarang kamu dengan gampangnya nerima perjodohan konyol itu dan ngelupain hubungan kita ??” nada suara Cakka meninggi.
“Bukan begitu Cakka..”
“Udahlah, mestinya dari awal aku tau kalo aku menyukai cwe yang salah !! selamat tinggal Cha, moga kamu bahagia dengan pilihan kamu” pamit Cakka seraya pergi dari tempat.

Acha hanya mampu menangis. Dari kejauhan, Cakka memandang sedih.
‘andai kamu tau Cha, aku berusaha jeras menolak perjodohan mamih juga karna kamu. Tapi kamu malah ngga ada usaha untuk mempertahankan hubungan kita’ batinnya.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

HARI H

Cakka sedikit risih dengan kemeja serta gel dengan jumlah banyak di rambutnya. Dia memang ngga biasa mengenakan pakaian formal macam hari itu. Tapi ini sengaja diperintah mamihnya hanya demi perjodohan itu, yap, hari ini juga hari pertemuan Cakka dengan sang wanita pilihan mamihnya. Sejak putus dari Acha, Cakka langsung bilang ke mamihnya bahwa ia menyetujui perjodohan itu.

Di café itu, Cakka, mamih Ucie serta papih Onie sudah duduk manis menanti sang calon besan. Ngga lama, datanglah Bu Winda, Pak Joe, dan dibelakangnya mengekor Acha. Cakka ngga tau karna dia menunduk.

“Nah cakka, dialah calon kamu” seru mamih.

“sayang, angkat wajah kamu dong..tuh calon kamu ganteng begitu kok” rayu Bu wimda pada Acha yang juga menunduk. Bu Winda tampaknya sudah lupa dengan Cakka.

“Cakka, ayo dong”

“Acha jangan malu malu”

Mendengar nama satu sama lain disebut, refleks, baik Acha dan Cakka mengangkat wajahnya. Pandangan mata mereka bertemu.
“Acha ??”
“Cakka”

“yee kita dijodohinn!! Haha” seru Cakka girang.
“Makasih ya Mah, pah, tante Ucie, om Onie” ujar Acha. Keempat orang tua itu hanya mampu ternganga…

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

-TAMAT-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar