Selasa, 02 Agustus 2011

Magentha 2 (Keabadian Cinta dalam Persahabatan) -Part 11(Zevana)-

ZEVANA P.O.V

Fuhhhh...gue tiupkan nafas gue ke jendela yang menyebabkan jendela kamar gue kotor. Gue usapkan tangan gue guna membersihkan kaca tersebut. Lalu gue ulangi kegiatan tadi. pagi ini gue berdiri hampir 2 jam. Tanpa beranjak. Gue bingung mau ngapain. Pikiran gue terus melayang sama…Cakka.

Ya, Cakka. Cowo yang paling gue benci. Sekaligus cowo yang paling awal menempati hati gue. memenuhinya. Sampe sekarang. jujur, gue ngga pernah menaruh kebencian ke Cakka. Gue Cuma..cemburu. yap ! cemburu sama perlakuan baiknya ke semua cewe. gue cemburu setiap dia melempar senyum manisnya ke cewe cewe. kenapa bukan gue ??

Saat ini, gue masih berdiri di tempat gue sekarang. dengan tangan menggenggam ijazah SMA yang berhasil gue dapetin setelah perjuangan keras. Selanjutnya, gue bakal menempuh perguruan tinggi. gue menghela panjang. Perguruan tinggi. mungkin keputusan inilah yang terbaik untuk gue. supaya gue bisa melupakan segalanya disini. Cakka, dan…Oik.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

“Apa Ze ?? loe mau pindah ke Surabaya ??” tanya Ify kala Magentha berkumpul di rumahnya.

Gue mengangguk. “Iya. Gue mau kuliah disana”

“Tapi kenapa musti kesana ?? disini kan juga ada”

“Emang sih ada. Tapi gue kangen sama kampung halaman gue. lama banget gue ngga kesana” jawab gue lesu. sebenernya bukan karna itu guys, tapi gue sengaja pindah karna gue mau ngelupain semua tentang Cakka.

“eh Oik mana ??” tanya Shilla.

“Biasa lah. Dia kan masih nemenin Cakka di rumah sakit” kata Agni.

Gue hanya membulatkan bibir. Hmmm..gue rasa Oik udah yang terbaik untuk Cakka. Begitu pula sebaliknya. Gue udah kalah. Kalah. Tapi gue ngerasa menang karna bisa mengorbankan perasaan gue demi kesenangan sahabat dan laki laki impian gue. gue berusaha tersenyum liat kemesraan Cakka-Oik. Walau rasanya sakit banget.

Gue selalu memohon sama Tuhan. Gue ngga minta macem macem. Gue Cuma minta dikuatkan. Dan semoga, Tuhan memberikan laki laki yang tepat untuk menggantikan Cakka di hati gue.

“Eh kita tengokin Cakka yukk !!” ajak Ify.


Ide yang bagus. Gue bisa tersenyum pait liat Cakka yang tengah disuapi Oik.

“Apa ?? kamu mau kuliah di Surabaya Ze ??” tanya Oik.

Gue hanya mengangguk lesu.
“Kok jauh banget Ze ?” tanya Cakka.

“Gue..gue pengen aja kuliah disana. udah dari dulu pengen kesana” aku gue. BOONG.

“Kapan loe mau berangkat ?”

“sore  ini. makanya gue mau sekalian pamit”

“Loh, cepet amat Ze” timpal Cakka.

“Iya ze. Lagian kan aren belom balik. Apa loe ngga mau nunggu Aren balik ??” tanya Via.

Gue menggeleng. “Gue udah telpon dia kok”

“Jam berapa loe berangkat ??”

“Jam 4 sore”

“Yaudah deh, kalo itu udah jadi keputusan loe. Ati ati ya Ze. Moga sukses”

Gue tersenyum. “Makasih semua”

Gue merasa bersalah karna udah boongin semua. Seharusnya jadwal keberangkatan gue itu hari selasa besok. 2 hari setelah prom. Tapi sengaja gue percepat. Masalah prom, gue sengaja ngga dateng ke acara itu. acara dimana yang terlihat Cuma kemesraan muda mudi sama kekasihnya masing masing. Belum lagi aturan untuk bawa pasangan. Aturan yang serasa menyodok hati gue. gue ngga punya pasangan. Makanya gue ngga mau dateng ke acara itu. acara yang serasa gelap dimata gue.

“Guys, gue pamit ya. moga loe semua dapet kesuksesan. Kalo ada waktu, kita pasti bakal ketemu lagi. Ue janji gue bakal sering sering ke Jakarta” pamit gue.

“Sama sama Ze. Mmmm..guys, bisa ngga kalian tinggalin gue berdua sama Zeze ??? gue pengen ngomong sama dia” pinta Cakka. Gue terkejut sedikit. Kenapa tiba tiba Cakka pengen ngobrol 4 mata ? apa ada yang penting ??

“Oke Cakk” dalam sekejab, ruangan tempat Cakka dirawat hanya tersisa 2 orang. Cakka dan gue.

“Ze, deket gue sini” Cakka melambaikan tangannya. Menuntun gue supaya gue berdiri dekat ranjangnya.

“Loe mau ngom…”

Plushhh !! ucapan gue terhenti sejenak. Cakka. Dia meluk gue sekarang !! erat bangettt..gue gatau apa yang terjadi sama dia. Tapi satu yang gue tau, gue nyaman banget dalem pelukannya. Satu yang gue mau, semoga waktu berhenti detik ini. biarin gue ada dalam pelukan hangatnya dalam waktu yang lebih lama.

“Ze, thanks ya loe udah mau jadi sahabat terbaik gue” lirih Cakka. Seluruh bayangan indah, musnah dalam sekejab. Apa yang dia bilang ?? sahabat ??

“Loe…loe bilang apa Cak ?? gue ngga ngerti ??”

“Gue bilang makasih karna loe udah jadi sobat terbaik gue. tanpa loe, gue ngga akan tobat. Tanpa loe, Oik ngga akan maafin gue, dan tanpa loe, gue ngga akan jadian sama Oik. Thanks banget ya Ze” kata Cakka masih dalam kondisi memeluk gue.

Hancur. Itulah kata kata yang tepat untuk menggambarkan perasaan gue sekarang. Kayanya harepan gue emang udah pupus. Gue ngga mungkin menempati hati Cakka lagi. Sekarang dihatinya udah ada Oik. Gimanapun gue ngga mau merusak hubungan mereka. Mereka, dua orang yang berarti untuk gue. gue bahkan rela ngorbanin apapun, untuk kalian.

Saat ini, gue bisa merasakan bulir bulir kristal bening mengalir membasahi pipi gue. gue eratkan pelukan gue ke Cakka. Gue pengen banget ngehabisin saat terakhir gue sama Cakka.

“Hhhhh..” suara isakan gue terdengar pelan.

“Ze, ze loe nangis ??” kata Cakka panik sembari melepaskan pelukan kami. tapi gue cegah. Gue eratkan tangan gue di punggungnya. Gue peluk dia seerat mungkin. Gue ngga mau Cakka liat gue nangis. Gue ngga mau Cakka tau sebab gue nangis. Gue..gue ngga mau Cakka tau kalo gue berat ngelepas dia.

“Jangan banyak tanya Cak. Peluk aja gue. untuk terakhir kalinya” lirih gue. Cakka menurut. Dia membelai  kepala gue. airmata gue makin mengalir deras.

Satu hal yang ngga perlu loe tau, gue bakal selalu sayang sama loe. Walaupun loe Cuma anggep gue sahabat, tapi gue akan selalu ada untuk loe…Cakka.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Gue memandangi jendela kereta. Sore tadi, magentha -minus Oik, Aren, Acha-mengantar gue ke stasiun. Gue sengaja pilih jalur darat, alasannya karna gue ingin menikmati perjalanan gue dengan memandangi rumah rumah penduduk yang khas pedesaan. Sama seperti dulu. Setiap gue balik ke Surabaya, selalu dan selalu menggunakan kereta. Ngga pernah pake pesawat ato yang lain.

Sekarang gue jauh. Jauh dari mereka. Gue harap, luka ini akan cepat terobati.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Ahh..sampai juga akhirnya. Sesampai di stasiun, gue sambung dengan menggunakan taksi menuju rumah terbaik gue. hmm..udah ngga sabar gue.

“Assalamualaikum ?! nenek, nek !! jeje pulang nek ?? nek ??” sapa gue sambil menyerukan nama nenek gue. kok sepi ya ?? kayanya ngga ada orang deh. Kemana ya ??

“Ze, nenek kamu masuk rumah sakit. Asmanya kumat” seru seseorang. Segera gue berbalik. Gue terbelalak menatapnya. Masih terbayang muka lugunya beberapa tahun silam. Wajah yang hampir tiap hari menemani gue saat kecil dulu. Tapi sekarang, wajah lugunya berubah menjadi wajah tampan yang masih menyisakan kekonyolannya. Saat ini, dia ngga lagi memakai sepeda kecil berwarna warni. Tapi mengendarai sepeda motor. Dia..benar benar berbeda.

“Weii !! Je, ayoo ! kamu mau ikut ke rumah sakit ndak ??” tanyanya membuyarkan lamunanku.

“Kok kamu tau aku ada disini ??” tanya gue setelah membonceng motornya.

“Iya. Aku tau dari nenek kamu. yo wis ndak usah banyak tanya lagi. Kita liat kondisi nenek kamu bagaimana”

Dari dulu sampai sekarang dia ngga berubah. Namanya Rizky. Teman sekaligus sahabat masa kecil gue kala gue masih menetap di Surabaya. Tapi pas masuk SMP, gue pindah ke Jakarta. Gue baru ketemu sama dia sekarang. dia…beda banget.

gue selalu merasa nyaman deket dia. Dia bisa menenangkan gue disaat gue risau. Dia selalu bisa melukis senyum indah dibibir gue kala gue sedang sedih. Gue seneng banget ada dia. Bagi gue, dia itu badut. Kenapa badut ?? karna dia sama seperti badut. Memberi warna berbeda, warna cerah dalam hari hari gue. selalu bisa membuat gue tersenyum. Untuk sejenak, gue bisa melupakan kesedihan itu. sementara.

“Nek, nenek ngga papa ?” tanya gue khawatir begitu ketemu nenek.

“Iya ndak apa apa cu. Jam berapa kamu sampai ??”

“Barusan nek. Tadi zeze dijemput Rizky. Pasti nenek yang nyuruh ya ??”

“Hhe iya nduk. Nenek mempercayakan kamu sama keluarganya Rizky selagi nenek di rumah sakit”

Di Surabaya, nenek tinggal sendiri. Kakek meninggal setahun lalu. Anak anaknya—termasuk mama gue—tinggal di kota rantau mereka masing masing. Makanya gue pengen balik biar bisa nemenin nenek yang udah tua.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Sesuai kata dan pesan nenek, untuk sementara gue nginep di rumah keluarganya Rizky. Ngga susah buat gue. karna dari dulu gue udah dianggep keluarga sama bapak ibunya Rizky.

“Diabisin makan-nya nak Je” ucap tante Ratna. Ibunya Rizky.

“Iya bu” gue biasa memanggil dengan sebutan ibu. Sama seperti Rizky. Selesai makan malem, gue memutuskan untuk keluar rumah. Duduk di teras. Menatapi bintang bintang.

“Kamu pasti lagi sedih ya ??” tebak seseorang yang duduk di sebelah gue. Rizky rupanya.

“Sok tau kamu”

“Yee..dibilangin orang tua kok ngga percaya. Aku tuh bisa liat dari mata kamu. emang ada apa sih ?? “

“Bukan urusan kamu”

“Beuh yasudah kalau kamu ndak mau cerita. Saya ngga maksa kok” Rizky kembali diam. Kami sama sama sibuk memandangi gugusan bintang yang bertebaran indah di langit.

“Ky, kamu pernah ngga sih jatuh cinta ??” tanya gue. bisa gue denger Rizky tertawa kecil tanpa menoleh ke gue.

“Pernah lah. Memangnya saya ndak normal apa ??”

“Yee bukan begitu. Yang kamu rasain apa kalo lagi jatuh cinta ?? seneng, ato sedih ??”

Rizky menghela nafas. “Cinta itu kaya pelangi. Semua warna ada. Merah pada pelangi itu, sama ja kaya merah di hati kita yang artinya marah. Marah kalau lihat orang yang kita suka, bersama atau malah pacaran dengan orang lain”

Gue menatapi Rizky. Ucapannya sama persis kaya apa yang gue rasain pas tau Cakka suka sama Oik.

“Biru pada warna pelangi, itu sama aja kaya biru di hati kita yang artinya sejuk. Sejuk, nyaman bila kita tengah berada dekat dengannya. Sang pujaan hati” tambah Rizky. Ya, gue seneng dan nyaman pas Cakka meluk gue.

Selanjutnya, gue mendengarkan deskripsi panjang Rizky tentang Pelangi, Hati, dan…Cinta.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^
Seminggu sudah berlalu. Gue merasa deket banget sama Rizky. Kami makin deket. Sama seperti saat kami kecil dahulu. Namun bedanya, kedekatan kami diartikan lain oleh gue. sikap Rizky, senyumnya, mampu buat gue ngelupain Cakka. Gue rasa…dialah yang disiapkan Tuhan untuk menggantikan Cakka dihati gue.  



“Git, aku minta maaf. Aku ndak bermaksud seperti itu ke kamu. maaf” gue hentikan langkah saat akan menuju teras. Ada keributan. Kayanya Rizky lagi berantem deh sama cewe. gue intip ah. Dari luar, gue liat seorang cewe yang lari pas Rizky mau ngejar. Ada apa ya ?

“Kenapa Ky ??”

“Dia marah sama aku” jawabnya lesu.

“Dia ? emang dia siapa ??”

“Pacarku”

Aku akui, aku sedikit cemburu saat Rizky menjawab tadi.

“Pacar ??”

“Iya. Dia marah dan minta putus”

“emang ada apa ?? kok kalian putus ??” kami duduk di kursi teras.

“Dia cemburu sama kamu. katanya aku itu jadi ndak punya waktu untuk dia gara gara kamu”

“Astaga Ky..maaf ya. aku ngga bermaksud untuk…”

“Ndak apa apa lagi Je. Mungkin aku sama dia ndak jodoh” ucap Rizky. Dia berusaha tersenyum walau dengan susah payah.

“Ky…”

“Aku butuh ketenangan Je. Tolong tinggalin aku sendiri” Rizky bangkit dan keluar halaman. Gue memandangnya suram. Ya Tuhan, apa ngga ada cinta untuk gue ?? disaat gue beneran suka sama Rizky, dia malah udah punya cewe lain.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Gue memandangi bintang bintang di atas sana. Hamparan karpet hitam dengan dihiasi taburan kristal berkilau. Makin membuat gue mengagumi keajaiban Tuhan yang satu ini. gue suka malam. Gue suka bintang. Tapi sayang, bintang hati gue sekarang lagi redup. Sedih gara gara ditinggal cewe yang disukainya.

Inget Cakka dan Rizky, gue jadi sedih sendiri.

“Heyooo..ngelamun !!” seru seseorang sambil menepuk bahu gue. dia duduk lesehan disamping gue.

“Rizky ? kamu habis dari mana ??”

“Dari mana aja boleh” jawab Rizky sekenanya. Gue manyun.

“Hha saya habis nenangin diri Je”

“Maaf ya Ky”

“Iya ndak apa apa. Oia Je, boleh saya jujur sama kamu”

“Apaan ?”

“Saya suka sama kamu”

Gue terbelalak. “Apa ??!!”

“Iya. Kamu mau ndak jadi pacar saya ??” tawarnya. Sesaat, gue terdiam. Rasanya bimbang. Gue emang sayang sama dia. Tapi gue curiga kalo dia Cuma jadiin gue pelampiasan doang.

“Mmmmm…aku…”

“Huahahahahahahaha !! becanda Je..” tawa Rizky meledak. Ihh apa tadi dia bilang ?? becanda ??

“Ihhh.. nyebelin banget tau ngga sih !! aku kan udah geer tadi”  sewot gue sambil menjiwit perut gembul Rizky. Dia masih tertawa.

“Maaf deh Ze..saya seneng aja ngeledekin kamu. dan karna kamu, kesedihan saya bisa berangsur angsur hilang. Saya sayang kamu Je, tapi sebagai sahabat. Saya juga yakin kok, kalopun tadi perkataan saya bener, pasti kamu nolak saya. Ya kan ?? saya ndak pantes buat cewe modern seperti kamu Je” terang Rizky masih dengan tertawa.

Perlahan, seulas senyuman ngga bisa gue tahan di bibir gue. Rizky, andai loe tau jawaban gue tadi. gue bakal jawab…IYA !!!

-TAMAT (part Zevana)-

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar