Selasa, 02 Agustus 2011

Kisah Lelaki Hebat -Part 3-

RIO

"Loe mau ngisi acara di pensi nanti kagak ??" tanya Septian suatu hari.

Gue diam berpikir. "Loe ??"

"Kalo gue iya, nyanyi lagunya Glenn yang kasih putih"

"Ngga ah !! ngga guna juga gue ikutan kaya begitu "

Septian tampak kecewa. "Ada lah Yo !! pensi ini tuh berguna banget "

"Maksud loe ??"

"Ntar kan wali murid anggota yayasan bakal diundang buat liat pensi kita kaya yang dulu dulu. Nah bokap loe kan pasti dateng juga tuh, jadi otomatis bakal liat penampilan loe "

"....."

"Aduh, lola banget sih loe !!! gini ya Mario, ntar loe nyanyi apa gitu yang tentang Ayah. Nah kalo bokap loe liat kan pasti dia ngerasa tersentuh. Dan siapa tau aja dia jadi sadar bahwa selama ini dia udah kejam sama loe "

"Bokap gue ngga kejam tapi keras"

"Iya maksud gue kaya gitu. Gimana ??"

Gue kembali diam. Ide Septian bagus juga. "Tapi kan kalo gue ikut, itu artinya gue kudu ikut latian yang setlah pulang sekolah itu dong ?? loe mau gue dgebukin lagi gara2 pulang telat ??"

"Ya loe bilang aja lagi ngurusin pensi yang tinggal beberap hari lagi. Jangan bilang loe ikut ngisi acara. Biar surprise gitu"

"Tapi gue ngga yakin bokap bakal ngijinin. Dia pasti ngga percaya dan bakal nyangka gue pacaran"

"Loe tenang aja. Kan ada gue. Gue bakal ngebantuin loe minta ijin sama bokap. Gimana gimana ??"

"Em . .oke deh !! thanks ya Yan !!"

"Sippp"



Gue berjalan menyusuri koridor sekolah, dan liat sseorang yang sangat gue kenal sedang duduk melamun di sebuah bangku depan kelas. Gue hampiri dia.

"Fy"

Ify menoleh. "Rio ??"

"Kamu ngapain duduk disini sendiri ??"

"Ngga papa"

Gue ngerasa ada yang berbeda dari Ify. Wajahnya murung. "Fy, kamu kenapa ?? lagi ada masalah ya ?? cerita dong sama aku"

Ify memandang gue sebentar. Untuk kali ini dia beneran ngga bisa nyembunyiin rasa sedihnya. "Aku . .aku iri Yo sama Dea"

"Ha ?? Dea temen sekelas kamu ?? emang kenapa ??"

"Tadi dia cerita katanya dia udah dikenalin sama keluarganya Gandhi dan keluarganya Gandhi nerima dia dengan sangat baik "

Gue tertegun. Gue tau apa yang dirasaka Ify. Gue jadi ngerasa bersalah. "Fy, maafin aku. Kamu pasti pengen banget kaya Dea kan ??"

Ify diam. Tapi gue yakin dalam hati Ify sangat menginginkannya.

"Fy, aku janji aku bakal ngenalin kamu ke Ayah pas pensi nanti. Ayah bakal dateng kesini "

Mata Ify berbinar binar. "Serius Yo ??"

"Serius "

"Makasih ya Rio !!! semoga Ayah kamu nerima aku dan ngijinin kita pacaran " Ify memeluk gue. Sebenernya gue sendiri ngga yakin sama apa yamg gue ucapin tadi. Moga yang dibilang Ify bener, Ayah bakal nerima dia. Tuhan, kabulin doa ku untuk kali ini !!!.



*   *   *

ALVIN

Gue ngelirik arloji di tangan gue. Udah jam 4 lebih 3 menit gue nunggu di lapangan basket. Tapi sampe sekarang si Agni belom nongol juga. Niat ngga sih tuh anak. Semenit lagi dia ngga dateng, gue cabut deh !!


5 . .4 . .3 . .2 . .1 . .ahh ngaret tuh bocah !! oke nona kapten, gue cabut !!. Pas gue mau bangkit dan kelur lapangan., terdengar langkah suara derap kaki cepat. Menunjukkan si empunya kaki sedang terburu buru. Dan pemilik kaki tersebut adalah Agni !!.

"Aelah, punya jam ngga sih loe ??" omel gue.

"Hoshh . .hoshh . .sori sori. Tadi angkotnya mogok. Gue diturunin jauh banget dari sekolah. Mana ngga ada angkot lagi. Yaudah gue lari. Ternyata masih telat juga. Sori deh "

"Iya gue maapin. Terus sekarang jadi kagak ??"

"Eitss jadi dong ??!!! gue udah nyampe sini dengan penuh perjuangan masa ngga jadi. Gila aja "

"yaudah yukk ahh jangan buang waktu !" gue berbalik kembali memasuki lapangan.

Sekarang kami udah berdiri berhadapan. Gue lempar bola di tangan gue. Agni sempet merebut bola itu, tapi secepatnya gue ambil tuh bola. Gue giring sambil sesekali mendriblenya. Gue dekati ring . .tinggal sedikit lagi . .

Sreetttt . .Agni sukses membawa bola itu pergi. Gue gregetan. Kayanya si Agni udah mulai nunjukin kemampuan sebenernya. Gue lari mengejar Agni. Gue liat Agni udah mau memasukkan bola ke dalam Ring. Dan . .berhasil !!. Oke 1 : 0.

Agni berbalik dan menjulurkan lidahnya saat menatap gue. Geli juga gue liatnya. Menit berikutnya pertandingan bertambah seru. Sekarang skor Agni 7 dan 9 untuk gue. Haha. saat ini bola di tangan gue. Pas gue lagi mendrible tiba tiba ada semacam rasa nyeri mengepung dada. Sakit dan . .aww . .bola tersebut lepas dari tangan gue.

"Vin, loe kenapa ??" tanya Agni.

"Gue break dulu Ag"

"Oke deh loe duduk aja. Gue maen sendiri ya "

Gue mengangguk tanpa menoleh. Kalo di tempat itu ada orang lagi selain Agni, gue ngga akan istirahat. Gue ngga mau dianggep lemah dan penyakitan. Dari bangku penonton, gue liat Agni yang asik dengan bolanya. Permainannya emang bagus untuk ukuran cewe. Gue sampe terkagum kagum. Dalam keadaan berkeringat gitu, Agni semakin manis. Ahh . .mikir apa sih gue. Tanpa gue sadari, rasa sakit di dada gue sekejap ilang dengan memandang Agni. Bunda, apa gue jatuh cinta ??.


"Vin, ini punya loe ??" seru Agni sambil membungkuk dan mengambil sesuatu di tengah lapangan.

"Apaan ??"

"Nih" Agni menunjukkan barang yang baru saja diambilnya. Secepatnya gue raba leher gue. Oh God, kalung gue lepas pas gue keasikan maen basket.

"Iya Ag, punya gue"

Agni berjalan mendekati gue.

"Nih" dia nyerahin kalung perak punya gue. Gue menerimanya dan langsung mengalungkannya kembali ke leher.

"Kok bandulnya G sih ?? apa artinya ??" tanya Agni.

"G itu Gracia"

"Gracia ?? nama cewe loe ya ??"

Gue menggeleng sembari terkekeh. "Bukan "

"Terus nama siapa ??"

"Nama almarhumah Bunda gue "

Mata Agni membulat. "Apa ?? almarhumah ??"

"Iya. Nyokap gue meninggal  5 tahun yang lalu karna penyakit jantung. Sebelum pergi, beliau ngasih kalung kesayangannya ini ke gue.Gue selalu jaga kalung ini. Karna dengan makai kalung ini, gue ngerasa Bunda selalu hadir nemenin gue biarpun gue ngga liat"

"Loe pasti sayang banget sama nyokap loe"

Gue menoleh ke Agni. dengan tersenyum gue berkata "Iyalah. Bunda gue itu separuh jiwa gue. Gue hampir gila pas ditinggal dia"

"Sori ya Vin, gara2 gue loe jadi keinget sama kesedihan loe lagi" sesal Agni.

"Aelah ngga papa kali. Nyantai aja Ag. Udah sana maen lagi"

"Loe kapan maen ??"

"Gue kan udah menang. Jadi ngga perlu maen lagi"

"Huu . ."

Agni kembali kelapangan. Sebenernya alesan gue ngga ikut maen karna gue pengen mantengin Agni kaya tadi. Gue ngga tau pasti, tapi kayanya gue emang bener2 jatuh cinta sama kapten basket yang satu ini.

"Aww !!" pekik Agni. Dia terjatuh karna menginjak tali sepatunya sendiri yang belum terikat. Gue hampiri.

"Loe ngga apa ??"

"Aduh . .kayanya gue keseleo deh "

"makanya ati ati. Mana gue liat "

Gue meraba pergelangan kakinya. Setiap gue menyentuh pelan, Agni langsung berkoar heboh.

"Bisa jalan ??"

"Kayanya ngga deh "

"Terus pulangnya gimana ?? sebentar lagi udah mau malem dan lapangan ini juga mau ditutup"

"Iyayah. Aduh, gue tinggal disini aja deh"

"Apa ?? ngga ngga. Loe gila ya?? loe mau disini sendirian ?? semalem suntuk ?"

"Abis mau gimana lagi ??"

"Hayukk gue gendong "

"Ha ?? berat Vin "

"Ya ketimbang loe nginep disini"

"Eng . ."

"Ayo "

"Oke deh !!"

Agni menaiki punggung gue. Urgghh . .berat juga. Gue berjalan pelan keluar lapangan. Selama itu pula gue ngerasain detak jantung gue makin ngga teratur.


Gue mendudukan Agni di taman deket sekolah. Tadinyamau gue anter pulang, tapi dia pengen duduk dulu. Mumpung langit terang katanya. (ngga nyambung yakk xD).

"Masih sakit ??"

"Lumayan. Tapi entar juga sembuh sendiri"

"Loe hebat"

Agni ngelirik gue. "Heehe. .gue gitu "

Gue balas dengan tersenyum.

Agni menatap langit. Sedangkan gue menatap wajahnya.

"Vin, loe liat deh bintang bintang diatas. Indah banget ya?? gue suka sama malem. Gue suka sama bintang, bulan. Itulah makanya kenapa gue ngga mau pulang dulu. Gue mau nikmati malem ini"

Gue ikutan memandang langit. "Loe sama kaya gue. Tapi bedanya, gue liat malem dan merhatiin bintang yang paling indah dan paling terang. Gue menganggap itu adalah nyokap gue"

"Kok gitu ??"

"Iya, karna nyokap gue adalah orang terindah dan orang yg menjadi penerang dalam hidup gue. Ngga pernah mati walau kenyataannya beliau udah ngga ada. Bunda bakal abadi di hati gue. Gue sayang bunda "

Agni berhenti memandang langit. Dia menoleh ke gue. "Gue suka sama cowo yang sayang ibunya"

Kali ini gue ngga bisa berhenti memuji, kalo Agni adalah cewe tercantik ketiga setelah Bunda dan Oma.


*  *   *


CAKKA


Nama kamu siapa ??


Acha menunjukan notes dengan tulisan diatas kepada gue. Gue berusaha tersenyum dan menyembunyikan rasa shock gue.

"Nama gue, eh, aku . .Cakka"

Acha kembali tersenyum. Dia menulis sesuatu di notesnya.

Makasih udah nolongin aku

"Sama sama. Emang mereka siapa sih ??"

Acha menulis lagi.

Mereka adalah Debo, Abner sama Daud. Mereka emang suka ganggu aku sejak dulu

"Lain kali ati ati yah. Eh, kamu jago main biola ya ?? permainan kamu bagus banget lho !! beda sama Nadia pacar aku. Dia maen gesek aja. Eh, ujung ujungnya fals" curhat gue.

Acha terkekeh. Manisnya. . .

Kamu lucu

Gue membaca tulisan berikutnya.

Mau aku ajarin main biola ??

"Wah, mau mau. Dari dulu aku bingung sama biola. Ajarin dong "

Acha meraih tangan gue. Di letakkannya tangan gue supaya menggenggam stik biolanya. Lalu Acha membimbing gue untuk menggeseknya.

"Aduh, susah juga yah ??" keluh gue pas udah beberapa lama berlaih biola. Tapi suara yang dihasilkan ngga jauh beda dari Nadia.

Acha kembali terkekeh.

Akan gampang kalo kamu serius

"Oh, gitu ya ?? hhe . .lain kali aja deh. Lagi ngga konsen juga"

Acha menggelengkan kepala. Dia kembali menulis.

Kamu satu sekolah sama Irsyad ya ??

"Iya. Kamu sekolah ??"

Iya, tapi sekolah khusus anak anak yang punya kekurangan kaya aku

Mimik muka Acha berubah. Gue jadi ngga enak.

"Jangan gitu Cha, fisik kamu emang kurang tapi kamu manis dan kamu jago maen biola" dukung gue. Tumben gue bijaksana.

makasih. Kamu baik

"Iya sama sama. Eh, udah sore. Pulang yukk !! aku anter. Takut kamu di gangguin sama Debo dkk lagi "

Acha mengangguk. Gue dorong kursi rodanya.


Pertemuan yang singkat dengan gadis bisu pemain biola. Emang gue udah ngga penasaran. Tapi . .gue ngerasa tertarik dengan kepribadian gadis itu yang supel dan ramah meskipun kami harus berkomunikasi dengan cara yang unik.

Tingg . .tongg . .
bel rumah gue berbunyi. Pasti Bik Minah udah bukain pintu.


"Den . .Den Cakka, ada yang nyari " panggil pembokat gue. Siapa ?? kalo Irsyad biasanya langsung nyelonong masuk. Lah ini ?? siapa yah ?? ketimbang penasaran gue turun untuk menemui tamu gue itu.

Sampai di ruang tamu.

"Cakka ya ??" tegur seorang ibu dan bapak. Kaya pernah liat. Ohya, bapak itu gue liat lagi gendong Acha. Ibu itu gue liat lagi nangis nangis pas Acha dimasukin ke mobil. Jangan jangan . .

"Kami orang tuanya Acha" waduh, ibu itu kaya bisa baca pikiran gue.

"Iya Tante saya Cakka. Om sama tante ada keperluan apa yah ??"

"Gini Nak Cakka. Sepulang dari taman tadi, Acha menceritakan semua kepada kami tentang perkenalannya dengan Nak Cakka. Kamu yang suah menolong Acha dari anak2 nakal kompleks sebelah. Jujur, selama ini ngga ada yang mau temenan sama Acha. Baru kamu saja Nak. Acha senang sekali mendapat teman baru seperti kamu "

"Maksud Tante ??"

"Kamu tau kan kondisi anak tante ?? kami mohon sama Nak Cakka, tolong bantu kami menjaga Acha. Kalo Nak Cakka punya waktu, ajak Acha bermain. Dia pasti sangat senang. Kami mohon nak Cakka. Senyum Acha adalah senyum kami berdua" pinta si Om.

Gue terdiam. "Oke deh Om tante. Saya mau nemenin dan jagain Acha "

"Makasih ya Nak "

"Sama sama Om, tante "

Gue sendiri ngga tau kenapa gue bisa ngmong gitu.


Seminggu telah berlalu. Selama itu pula gue sering banget nemenin Acha. Gue sama dia tambah akrab. Acha ternyata anaknya asik juga. Gue juga sering banget curhat tentang ketiga cwe gue di Jogja. Dan Acha selalu ngasih solusi terbaik. Jauh lebih baik dari Irsyad. Gue . .nyaman ada deket Acha.


Suatu hari

"Ikut aku yukk ?? aku bakal bawa kamu ke tempat terindah " ajak gue. Pandangan mata Acha mengisyaratkan 'kemana'.

"Udah ayukk, ikut aja. Aku ngga akan macem macem kok !!" Acha menurut. Gue gendong Acha memasuki mobil dan kemudian memasukan kursi rodanya.


Setengah jam kemudian, kami sampai.

"Nah, ini tempatnya " didepan kami sebuah telaga berwana hijau kebiruan terhampar luas. Suasana yang sejuk dan nyaman.

"Kamu suka ??" tanya gue. Acha mengangguk dengan mata berbinat binar.

"Naik itu yuk !!" gue menunjuk sebuah sampan yang terparkir di tepi telaga. Acha menggeleng.

"Tenang aja Cha, aku bisa kok. Jangan takut. Aku bakal jagain kamu. Yuk !!" akhirnya Acha mengangguk. Gue menggendongnya menaiki sampan itu. Lalu gue kayuh dayungnya perlahan. Gue tenang, tapi Acha masih tampak ketakutan. Lehernya ngga berhenti buat menoleh ke kanan kiri. Bikin sampan yang kecil oleng. Perhatian Acha terpusat pada seekor Angsa yang mendekati sampan kami. Tangan Aha terjulur hendak membelai hewan itu.

"Cha, jangan . .ntar oleng "

Terlambat.

Sedetik kemudian gue sadar akan teriakan Acha. Tangannya menggapai gapai. Sontak gue lepaskan jaket dan sepatu. Ngga lupa hape. lalu ikut nyebur buat nyelametin Acha.

Ngga lama. Gue berhasil bawa dia ke tepian. Gue letakkan badannya ke rerumputan. Tubuh Acha menggigil. Gue berpikir sejenak lalu melihat jaket tebel gue yang masih kering diatas sampan. Gue raih dan gue selimutkan ke badannya. Acha masih menggigil. Entah atas dasar apa, gue berani memeluknya. Gue sandarkan dagu gue ke ubun2 Acha. Gue eratkan pelukan gue berharap dia ngga kedinginan lagi. Drrttt . .hape gue bergetar. Gue liat siapa orang yg menelpon gue. Ellen !!. Gue hanya menatap layar ponsel sebentar. Lalu membiarkannya terus bergetar. Sementara gue kembali menenangkan Acha.

*   *   *


GABRIEL

"Iyellll !!!!!! " seru Zevana. Gue sampe kaget dibuatnya.

"Busett dah. Kenapa sih loe ??"

"Pak Arlan, produser itu udah liat CD Band kalian. Dan beliau mau ketemu kalian langsung buat teken kontrak !!"

"Serius loe ??"

"Buat apa gue boong ??"

"Wohooo !!!! Yess !!!" Gue mengepalkan tangan lalu meninju udara. Ngga peduli orang3 di kantn mandang gue kaya orang sinting. Yang penting gue seneng !!!.


Sampai di Jakarta.

"Kalian siap menjadi bintang ??" tanya Pak Arlan pas kami semua berkumpul di ruangannya.

"Siap. Sangat siap !"

"Kalo begitu, baca kontrak ini. Kalo kalian menyetujuinya, silakan tanda tangan " gue dan anak Band membaca kontrak tersebut dengan teliti. Setelah perundingan bersama Zeva, kami sepakat untuk menyetujui kontrak itu.

"Kalo begitu kalian kembali lagi kesini lusa. Kita akan take vokal " kata Pak Arlan. Setelah semua beres, kami bersalaman dan mengucap terima kasih.


Koridor yang sempit membuat gue harus jalan beriringan hanya dengan Zeva. Yang lain udah duluan di depan. Pas gue lagi asik ngobrol, tiba2 seseorang menabrak bahu gue keras.

"Aduh . .maaf maaf . .saya ngga sengaja "ucap cwe yg nabrak gue. Awalnya gue mau nyolot. Tapi gitu liat siapa dia. Gue malah justru speechless.

"Si . .sivia ?? iya . .nggaa  . .ngga apa. Justru saya yg mustinya minta maaf " gue terkejut. Pasalnya baru pertama kali itu gue bertatap muka langsung sama penyanyi muda Sivia Azizah.

"Maaf ya Saya buru buru" pamit Sivia. Dia langsung ngacir ninggalin gue sama Zeva.



@ Cafe

"Akhirnya impian kita buat rekaman terwujud juga " kata Sion.

"Iya, rasanya gue mau meledak saking senengnya "tambah Rizky.

"Eitss . .jangan lupa, semua ngga akan terjadi tanpa Zevana " ujar Gue. Zeva tersipu.

"Iya Ze, makasih banget buat loe. Loe emang karib kita yang paling oke !!" puji Kiki.

"Eh, ntar kan kita rekaman, terus sekolah kita di Surabaya gimana ??"

"Ya kalian pindah dong. Terus siap siap nyari manager buat Band kalian " tutur Zeva.

"Ha ?? manager ?? ngapain kudu nyari. Kan ada loe Ze ??"

"Ha ?? gue ??"

"Iya, mending loe aja managernya. Kan loe udah kenal sama Band kita lama banget. Loe juga pinter. Pasti bisa diandelin "

"Em . .boleh deh. Thanks ya atas kepercayaannya"

"Yoyyooy "


Hari rekaman pun tiba. CD dan kaset udah kesebar di seluruh penjuru nusantara. Tapi hasil yang di dapet cukup mengecewakan. Band kami ngga bagitu boming. Tawaran panggung sepi. Kami nyaris putus asa. Padahal kami udah ninggalin sekolah di Surabaya dan sekolah di Jakarta demi Band. Dan lagi, gue udah ninggalin Ibu sama Keke di Surabaya. Mereka pasti kecewa.

"Guys, gue balik aja deh ke kampung. Ngga sukses juga kita. Buat apa di pertahanin ??" keluh gue.

"Gue juga Yel. Gue kangen sama kampung. Sama masakan sana" sambung Sion.


"Guys, loe semua jangan pada nyerah gitu dong ??!! nih gue baru dari ruangan Pak Arlan. Kami berunding. Nah hasil akhirnya, Pak Arlan bakal nyelametin Band kalian dengan cara . . "

"Dengan cara apa ??"

"Bikin single duet bareng Sivia Azizah"

"Apa ??" kami semua shock.

"Iya. Pasti kan public tertarik. Sivia Azizah kan penyanyi sukses. Lagi naik daun. Bisa aja dia mendongkrak popularitas Band kalian "

"Gue sih oke oke aja. Cantik banget si Sivia " seru Sion.

"Gue sih terserah Pak Arlan sama loe aja Ze. Kalo itu emang baik. kenapa engga ??"

" Nah gitu dong ! kalo kalian setuju, lusa Pak Arlan bakal ngundang Sivia kesini. Kebetulan kan kalian sau label. bakal lebih gampang "

"Ohya ?? sekai lagi thanks ya Ze !! loe udah banyak bantu kita semua " gue tersenyum. Jada Zeva emang gede banget. Gue berharap, untuk yang satu ini berhasil. Gue ngga mau ngecewain semua orang. Ibu, Keke, Pak Arlan, dan terlebih.  . .Zevana.


*   *   *




Tags:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar