Selasa, 02 Agustus 2011

Kisah Lelaki Hebat -Part 1-

RIO

Gue sedang berjalan menuju kantin bareng Ify kala seseorang menepuk pundak gue. Refleks gue menoleh. Septian sobat gue ternyata.

" Ada apa Yan ??" tanya gue. Gue berhenti, Ify ikutan berhenti.

" Rapat OSIS dimajuin ntar sepulang sekolah. Itu perintah Bu Ira, beliau mau proposal jadwal pensi minggu depan udah harus jadi sebelum besok " jawab Tian.

" Loh, kok jadi buru buru gitu ??? kenapa emang ??"

" Ya mana gue tau, itu perintahnya kepsek kita dan mau ngga mau kita kudu ngelaksanainnya. Ngerti Bro ??"

Gue menimbang nimbang. Biasanya rapat OSIS dilaksanain pada waktu istirahat ato ngambil jam pelajaran. Tapi sekarang sepulang sekolah ?? tumben. Gue bingung. Jelas ntar gue bakal pulang telat. Minta ijin ngga yah ??. Bokap gue baru pulang kerja jam 5 sore. Sementara gue pulang sekolah jam 2. Rapat OSIS juga paling cuma 45 menit. Gue rasa gue ngga perlu minta ijin. Toh sebelum Ayah pulang, gue udah stay di rumah.

" Oke deh !! loe udah kasih tau yang lain juga ??" Septian sekretaris OSIS.

" Udah udah. Oke kalo gitu gue cabut yah. Ngga mau gue ganggu kalian. Ya ngga Fy ??" Ify hanya tersenyum. Tuh bocah udah ngacir pergi. Septian maksudnya, bukan Ify.



Sepulang sekolah


Ify setia nungguin gue mimpin rapat. Dia duduk di kursi depan raung OSIS. Kasian gue sama dia. Gue udah nyuruh pulang tapi kagak mau. Alhsil gue mimpin rapat dengan terburu buru. Ada 2 alesan. Pertama gue ngga mau Ify nunggu lama. Kedua gue pengen cepet2 nyampe rumah. Gue ngga mau bokap denger kabar gue pulang telat. Bisa abis gue.

40 menit kemudian rapat selesai. Oiya, sekolah gue rutin ngadain pensi 3 kali sesemester. Pertama diadain di awal semester, di pertengahan, lalu pensi kelulusan diakhir semester. Dan pensi kali ini adalah dedikasi terakhir gue sebagai ketua OSIS sebelum lengser.


" Udah selesai Yo ??" tanya Ify pas gue keluar ruang OSIS.

" Udah, yukk pulang !!"


Sial !! angkot yg kami tunggu ngga kunjung dateng juga. Gue ngajak Ify untuk jalan ke halte. Ify menurut. Upz, rupanya gue ngga sadar ada seseorang yg perhatiin kami. Seserang yg selalu gue takutin.


@ Rumah


Gue baru aja menutup pintu dan kaget begitu liat siapa yg stay di belakang gue. Ayah !!!.

" Dari mana kamu ??" tanyanya tegas.

" Ra . .rapt OSIS yah "

" Jangan coba coba berbohong Rio, bukannya rapat itu ngga dilaksanakan sepulang sekolah ?? kamu pikir kamu bisa membodohi Ayah ??"

" Maksud ayah apa ?? Rio jujur kok yah "

" Kamu tadi pacaran kan ?? Ayah melihat kamu sedang berjalan dengan menggandeng seorang perempuan. Kamu mau ngelak apa lagi ??"

" Ayah salah paham !!"

" Kamu sudah berani menggertak Ayah ?? sudah berani kamu ngelanggar aturan Ayah ?? ini hukuman dari Ayah " Oh God, Ayah berjalan menuju buffet dan mengambil satu barang yang paling gue takutin dari dulu. Sebuah kemoceng .

" Mana punggung kamu ?!!!" gue pasrah. Gue tau apa yang akan dilakuin Ayah. Melawan ?? ngga mungkin. Itu malah akan membuat semua tambah runyam. Dengan berat hati gue berbalik. Dan . .

BUKK . .BUKK . .BUKK . .!!! Gue menggigit bibir bawah gue sampe berdarah saking kencengnya. Gue ngga kuat nahan sakit. Perih . .tapi gue ngga bisa nangis. Samar2 gue liat nyokap yg berdiri ngga jauh dari gue. Beliau hanya mampu nangis. Ngga ada yang bisa menghentikan amukan bokap gue. Termasuk Mama . .


*   *   *


ALVIN


Tempat favorit gue adalah lapangan basket. Setiap saat, gue abisin waktu disana. Termasuk pada jam istirahat. Ngga jauh beda sama hari itu. Jam istirahat pertama berbunyi, semua anak berhambur ke kantin. Tapi gue engga. Dengan santai gue langkahkan kaki menuju lapangan basket sekolah gue yg tertutup alias indoor.

Sampe disana gue ambil bola dan mulai mendriblenya. Menggiring lalu memasukkan ke dalam ring. Masuk !!.

Prokk prokk prokk . .tunggu, suara apaan tuh ??? suara orang tepuk tangan ??. Sontak gue menoleh kearah sumber suara. Di depan pintu masuk lapangan, gue liat Agni sedang berdiri dengan kedua telapak tangan yang disatukan. Wajahnya tampak terkagum kagum. Dia mendekati gue.

" Gue suka permainan loe !!" pujinya.

" Thanks "

" Tapi besok, tim gue bakal ngalahin elo sama tim loe !!" ucapnya sengak. Heh, loe pikir gue takut ??.

" Gue ngga akan kalah " balas gue sambil menggiring bola menjauh dari Agni. Agni ngga terima gue cuekin. secepat kilat dia lari ngejer gue dan sukses merebut bola yg sedang gue drible menuju ring.

" Hei, bola gue !!!" pekik gue. Tapi Agni ngga menanggapi. Dia malah asik sendiri memainkan bola yg barusan direbutnya. Dengan lincah dia berlari menuju ring. Dan Shoot !!!. Dia berbalik dan tersenyum puas.

" Kita buktiin besok. Siapa yang terbaik !!" katanya sambil melemparkan bola basket itu ke gue. Refleks gue nangkep. Agni menjauh keluar lapangan. Dia sukses bikin gue penasaran. Gue baru liat permaenannya dia dan gue rasa, Agni emang ngga layak buat diremehin !!.



Jam terakhir kosong. Daripada ngrumpi gaje mending gue ngacir ke lapangan basket.


Oh Shitt !!! dada gue sakitt banget !! penyakit sialan ini kumat beberapa saat setelah gue asik basketan. Kalo gini caranya, gue ngga mungkin balik ke kelas. Gue yakin muka gue sekarang tuh pucet seputih mayat. Dan gue ngga mau karna itu, temen2 jdi ribet dan tanya macem2 tentang keadaan gue. Jadi gue putusin untuk tetep disitu sampe bel pulang.

KRINGG  . .KRINGG . .bel pulang berdering. Tapi sakit di dada gue masih sangat terasa. Gue ngga mungkin pulang dalam keadaan kaya gini. Apalagi buat nyetir mobil. Ughh . . .


" Astaga Vin, loe kenapa ??" pekik seseorang. Suaranya ngga asing buat gue. Dia menghampiri gue.

" Ngga. Ngapain loe disini ??" tanya gue.

" Ngga papa gimana ?? muka loe pucet gitu ?? gue kesini buat cek lapangan karna disuruh Pak Yos, buat pertandingan kita besok " jawab Agni.

" Yaudah kalo cuma itu mending loe pergi aja "

" Ihh . . .ngusir lagi, iya gue pergi !!" Agni meninggalkan gue.

" Awww !!!" pekik gue kenceng kala rasa sakit itu kembali menyelimuti. Tentu aja Agni menoleh denger jeritan gue. Dia berlari kearah gue.

" Vin, udah ngga bener nih !! loe sakit apa ??"

" Udah ngga usah banyak tanya. Bukan hak loe tau "

" ahh terserah loe. Terus sekarang loe mau gimana ??" Ngga mungkin loe disini aja kan ?? sebentar lagi sekolah sepi. Kalo loe kenapa napa gimana ??"

" bawel banget loe !! dari pada gue musti dengerin bawelan loe, mending loe anterin gue pulang. Loe bisa nyetir kan ??"

" Iya gue bisa " Gue nyerahin kunci mobil gue. Pas gue mau bangkit, badan gue oleng. Alhasil Agni memapah gue keluar lapangan. Thanks, untuk kali ini loe nyelametin gue !! :))

*  *  *

CAKKA


Pegel !! setelah berjam jam duduk di bangku kereta yang keras . Akhirnya gue sampe juga di rumah gue-baru- tercinta.Asikkk . .gue langsung merebahkan tubuh gue dikasur yang empukk. Enak juga. Suasana itu bikin gue ngantuk. Gue putuskan untuk memejamkan mata.

Ngekk . .ngokk . .ngekk (anggep suara biola. Abis susah jabarinnya xD).
Suara apaan tuh ??? ohiya suara biola. Gue mendengarkannya lebih jeli. Merdu dan enak banget di denger.Beda sama cwe gue Nadia, dia kalo main biola asal ngegeseok aja. Bikin kupig gue bergidik. Kontras banget sama yang ini.

Cukup lama gue menikmati alunan biola itu. Eh eh . .kok suaranya mengecil . .makin lama . .dan ilang !! yah, kok berhenti sih ?? padahal gue lagi asik banget tuh. Di rumah baru ditemenin sama alunan biola. Serasa di konser orchestra. Gue berharap si pemai biolal itu memulainya lagi. Tapi setelah gue tunggu ngga muncul juga. Gue putusin untuk tidur.

Tapi tunggu, ada suara suara. Bukan suara biola melainkan suara kegaduhan. Apa sih ?? penasaran gue bangkit dan melihat dari arah jendela. Ternyata dari rumah tetangga sebelah. Disana, ada bapak2 yg lagi menggendong anak gadis. Dibelakangnya, seorang ibu dengan wajah panik mendorong kursi roda dan memasuki mobil menyusul bapak2 dan gadis itu. Lalu mobil tersebut tancap gas. Gue bingung. Tapi rasa kantuk gue jauh lebih menguasai. Akhirnya gue kembali ke ranjang dan tertidur. Opps!! gue lupa sms cwe cwe gue kalo gue udah nyampe. Ahh biarlah . .mungkin ntar sore gue kabarin. Sekalian Jalan jalan keliling kompleks cari temen. Siapa tau aja ada cwe kiyut !. Lumayan buat koleksi cwe gue yg keempat. Hahai.


Sore harinya


Gue lagi jalan. Seseorang menghampiri gue. Dia cwo, item manis dan kayanya seumuran gue.

" Hai, gue Irsyad. Loe baru yah ??" sapanya.

" Iya gue baru disini. Gue Cakka "


Kami berjalan bersama.


" Eh Syad, gue boleh tanya kagak ??"

" Apaan ??"

" Tadi gue denger ada yg maen biola. Suaranya merdu banget. Terus beberapa lama setelah suara biola itu lenyap, tetangga gue ribut ribut gitu ?? ada apaan sih ??"

" Ribut ribut gimana ??" gue menceritakan yg gue lihat tadi. Irsyad manggut mengerti.

" Gadis yg maen biola sama yg loe liat digendong sama bapak2 itu namanya Acha "

" Acha ?? dia jago maen biola yah ??"

" Iya. Dia udah seing ikut kompetisi biola dan menang. Dia punya kelebihan dibalik kekurangannya "

" Ha ?? kekurangan ?? maksud loe ??"

" Dia punya penyakit kanker tulang. Dan penyakit itulah yg bikin dia lumpuh. Satu hal lagi, dia bisu "

Gue terbelalak. " Apa ??"

" Iya . .kenapa loe ??"

" Ngga kok "


Gue terdiam. Irsyad menceritakan beberapa hal tentang dirinya. Gue hanya mengangguk. Entah kenapa gue kepikiran terus sama gadis yg bernama Acha.

*  *  *


GABRIEL


" Yel, jajan nyokk " ajak Zeva kala bel istirahat berbunyi.

" Ngga ah Ze "

" Loh kenapa ??"

" Gue lagi ngirit "

" Jaelah, ayolah Yel. Biar gue yang traktir ! yah yah ?" bujuk Zeva. Dan sepeti biasa gue ngga bisa nolak.

Jangan pada ngira kalo gue cowo matre. Gue udah berusaha nolak kebaikannya Zeva. Tapi Zeva selalu maksa. Dia jauh lebih berduit ketimbang gue. Sejujurnya gue ngga enak sama dia. Setiap hari Zeva jemput gue pake mobilnya. Kami berangkat bareng bareng. Pas istirahat, Zeva juga selalu jajanin gue. Ngga setiap hari sih, gue kan tau diri. Dan Zeva juga pasti jadi tebengan gue setiap mau manggung. Gue tau, orang2 pasti mandang gue cuma manfaatin Zeva doang. Oke, gue akuin gue suka dia. Zeva baik dan itu yg membuat gue terpikat sama dia. tapi gue berharap dia ngga punya rasa lebih ke gue. Kenapa ?? karna gue ngga pantes buat dia. Zeva bisa dapetin cwo yg jauh lebih baik dari gue.


Sore harinya.

TINN . .3x

Gue langkahkan kaki keluar rumah pas denger klakson mobil Zeva. Sore iu gue bersiap siap manggung ke softcafe.

" Udah siap ??" tanyanya.

" Siap dong !!!" ucap gue. Kamipun berangkat.


@ Softcafe

" Malem semua. Silverband kali ini bakal ngebawain sebuah lagu dari kerispatih. Lagu yg gue persembahin khusus buat seseorang yg selalu ada di samping gue. Zevana . ." ujar gue. Disambut dengan tepuk tangan meriah. Zeva menatap gue dengan sorot mata berbinar binar dari kursi penonton.
Maaf, ku telah menyakitimu
Ku telah kecewakanmu
Bahkan ku sia – siakan hidupku,
dan kubawa kau s’perti diriku
Walau hati ini t’rus menangis
Menahan kesakitan ini
Tapi ku lakukan semua demi cinta
Akhirnya juga harus ku relakan kehilangan cinta sejatiku
Segalanya t’lah ku berikan
Juga semua kekuranganku
Jika memang ini yang terbaik
Untuk diriku dan dirinya
Kan ku t’rima semua demi cinta


Jujur, aku tak kuasa, saat terakhir ku genggam tanganmu
Namun yang pasti terjadi, kita mungkin tak bersama lagi
Bila nanti esok hari
Ku temukan dirimu bahagia
Ijinkan aku titipkan kisah cinta kita selamanya

Prokk prokk . .tepuk tangan dari penonton mengakhiri lagu tersebut. Gue turun dan menghampiri Zevana. Pasti semua orang nyangka gue bakal nembak dia. Tapi kalian salah.

" Loe suka lagunya ??"

" Suka banget !! thanks ya Yel "

" Mustinya gue yg makasih karna loe selama ini udah jadi sahabat terbaik gue "

Air muka Zeva berubah murung. " Apa ?? sahabat ??"

" Iya sahabat. Kenapa ??"

" Maaf Yel gue udah kegeeran "

" Maksud loe ??"

" Gue kira loe . .anggep gue special "

" Loe emang special buat gue "

" Iya, cuma sebagai sahabat. Ngga lebih "

" Kok loe ngomongnya gitu ??"

" Gue suka elo Yel, oke gue to the point. Gue suka loe ngelebihin sukanya seorang sahabat. Gue mau jadi seseorang yg special di hidup loe bukan sebagai sahabat " Gue tercengang. Ngga nyangka Zeva nembak gue.

" Gimana ??" tanyanya.

Gue berpikir. " Sori Ze, gue ngga bisa "

" Kenapa ??"

" Gue . ." aduh, musti jawab apa ?? ngga mungkin gue bilang alesan sejujurnya. " Gue . .ada cwe lain dihati gue "

" Apa ?? siapa ??"

" Loe ngga perlu tau. Yang jelas Ze, loe penting di hidup gue sebagai sahabat. Ngga lebih. Maaf ya Ze "

" Iya Yel ngga papa. Gue ngerti. Maafin gue juga. Kita tetep sahabatan kan ??"

" tentu "

Kami berdua tersenyum.


*  *  *



Tidak ada komentar:

Posting Komentar