Selasa, 02 Agustus 2011

Kisah Lelaki Hebat -Part 2-

RIO


Gue rebahkan tubuh gue diranjang. Aww . .perih. Ayah mukul gue lebih dari 20 menit. Udah 100 kali mungkin. Gue putuskan untuk ngga berbaring. Gue bangkit dan membuka kancing kemeja OSIS yang sedari tadi masih nempel di badan gue. Gue copot atasan OSIS itu lalu melangkah ke depan cermin. Gue berbalik menunjukkan punggung gue. Oh God, punggung gue penuh dengan luka lebam memanjang berwarna biru keunguan. Persis kaya orang kerokan. Cuma beda warna aja. Gue raba punggung gue. Perih. Keadaan kaya gini ngga mungkin gue mandi. Gue langkahkan kaki menuju lemari dan mengganti pakaian seragam dengan kaos oblong yg longgar dan celana jins selutut. Selesai berganti pakaian, gue raih hape yang sedari tadi gue tinggal dalam tas. Ada satu sms rupanya. Dan itu dari Ify.


From : aLyssa =D

Yo, kamu udah nyampe rumah ??
Km baik-baik aja kan ??
Entah kenapa perasaan ku ngga enak banget.
Aku takut kamu kenapa napa 


Begitu isi sms Ify. Gue tersenyum. Pas gue teliti ternyata waktu pas sms itu masuk sama persis pas gue lagi ngerasain pukulan panas kemoceng Ayah. Gue segera mengetikkan sms balasan untuk gadis gue itu.

To : aLyssa =D

Aku udah nyampe rumah.
Tenang aja Fy.
Ngga ada yang perlu kamu khawatirin.
Aku disini baik-baik aja kok

Miss u



G
ue ngga pernah cerita ke siapapun perihal masalah Ayah. Yang tau cuma Septian. Dan gue yakin, dia bisa dipercaya. Dia tau penderitaan gue udah sejak dulu. Karna Tian juga anak tentara yg ayahnya temen seangkatan bokap gue juga. Cuma bedanya Tian ngga ngerasain didikan keras ala Ayah. Dia malah justru dimanja. Ngejalanin kehidupannya seperti biasa. Gue selalu iri sama dia. Tapi secepatnya gue kubur rasa bodoh itu. Gue udah cukup mensyukuri apa yang gue dapet sekarang tanpa perlu mohon mohon sama Tuhan untuk memutar kembali waktu.

Kemoceng. Ayah selalu menggunakan barang itu untuk memberikan hukuman jika beliau anggep gue salah. Terakhir gue dicium kemoceng itu pas kelas 1 SMA. Waktu itu gue ketahuan Ayah dapet nilai 6.5 di ulangan biologi. Ayah marah dan loe tau kan yang terjadi sama gue ??. Jangan salah. ayah menetapkan nilai standar buat gue itu kudu minimal 7. Kurang dari itu, siap siap aja dapet jatah dicium kemoceng. Dan untungnya, sejak saat itu gue belajar dari kesalahan. Gue ngga pernah dapet nilai dibawah standar. Tersiksa ?? tentu. Tapi inilah gue dan hidup gue !!.


Esok paginya di sekolah.


Jam pertama adalah pelajaran olahraga. Gue bersama temen2 cwo sekelas bergegas ganti baju OR di ruang ganti. Opz, gue ngga sadar alias lupa sama luka lebam di punggung gue. Alhasil, pas gue membuka kemeja OSIS gue, ada seseorang yg liat luka gue. Septian !!.


Pelajaran OR telah usai. Gue mendudukkan diri di salah satu bangku di tepi lapangan. Tian menghampiri gue dan memberikan segelas aqua plastik. " Nih " gue menerimanya.

"Punggung loe kenapa ??" tanya Septian dengan pandangan mata menjurus ke depan.

Gue tersentak. Lalu menatapnya. "Apanya yang kenapa ??"

"Loe ngga ngelak Yo. Gue liat tadi pas loe ganti baju. Kenapa ?? bokap loe lagi ??"

Gue terdiam. "Ya"

"Tapi kenapa ??"

"Karna gue pulang telat dan Ayah ngeliat gue lagi sama Ify"

"Loe ngga jelasin kalo kemaren kita abis rapat OSIS ?? loe juga belum bilang tentang Ify ??"

"Gue udah bilang masalah rapat itu ke Ayah. Tapi Ayah ngga percaya. Dia malah nuduh gue pulang telat karna pacaran dulu" jawab gue lesu.

"Rio . .Rio . .kenapa loe ngga lapor polisi aja sih ?? yang udah dilakuin bokap loe tuh udah keterlaluan"

Gue menggeleng. "Ngga Yan. Sampe kapanpun ngga akan. Dia bokap gue dan gue sayang sama dia"

"Tai dia udah bikin loe lebam lebam gitu. Ngga cuma sekali. Tapi berkali kali"

"Iya emang. Tapi itu semua dilakuin Ayah untuk mendidik gue. demi kebaikan gue. Gue ngga mau bikin semua tambah runyam dengan kalo gue lapor polisi. Gue ngga pendek akal Yan"

Septian menghela nafas. "Terserah loe. Tapi kalo loe butuh gue ?? jangan ragu hubungin gue. Oke ??"

" Thanks ya !! tolong jangan bocorin hal ini kesiapapun terutama ke Ify. Gue percaya sama loe Yan"

Septian menunjukan jemplolnya. "Siiipp !!"

Gue tersenyum dan kami pun kembali ke kelas.


*   *   *


ALVIN


Gue terbangun dari tidur siang gue. Gue lirik jam dinding. Jam 5 sore ?? lama juga gue tertidur. Tadi Agni nganter gue sampe rumah. Pas gue tawarin mau dianter pulang apa ngga, dia jawab engga. Dia malah nyuruh gue istirahat. Oke gue turutin. Untung di rumah ngga ada Oma. Kalo ada, pasti beliau udah keburu panik ngeliat gue turun dari mobil dengan dipapah seorang gadis. Terus Oma jelasin semua ke Agni tentang penyakit gue. Gue ngga mau itu semua terjadi. Gue ngga mau ada satupun orang yang tau perihal penyakit gue. Gue ngga mau dianggep lemah. Gue ngga mau dikasihanin !!.

Gue masih berbaring. Nyawa ue udah terkumpul tapi gue enggan beranjak. Pandangan gue menerawang. Sedari tadi hanya satu orang dan satu kata yg memenuhi benak gue : AGNI !!. Yap, hari ini hari yang berbeda buat gue. Hari dimana Dayat kasih tau gue kalo Agni aalah tim basket putri yg baru. Hari dimana gue bertemu tim basket yg ditakutin itu untuk pertama kalinya. Hari dimana gue liat permainannnya Agni. Dan, hari dimana dia udah nyelametin hidup gue dari penyakit sialan ini !! entah ada apa sama gue, gue sendiri ngga tau. Tapi gue pengen cepet cepet besok. Gue ngga sabar buat pertandingan itu. Gue . . pengen ketemu lagi sama gadis itu !!.


Pertandingan yang gue tunggu tunggu pun tiba. Gue bersama tim putra lagi bersiap siap. Ngga auh dari kami, tim putri sedang menyusun strategi. Lapangan basketpun udah penuh dengan para penonton. 5 menit lagi Pak Yos memulai permainan. Sesekali gue ngelirik Agni. Dan setiap Agni menangkap pandangan mata gue, dia selalu tersenyum. Duh, gue jadi salting.

Disamping Agni, seorang gadis menatap sinis setiap liat gue sama Agni saling berpandangan. Dia Shilla. Cewe yang ikut basket hanya karna pengen caper sama gue. Dia salah satu cwe alay yang kesengsem sama gue. Tapi gue ngga suka cwe model dia.


Priittttt . . .suara peluit nyaring Pak Yos menandakan permainan akan segera dimulai. Gue tersenyum.

Awal permainan di menit pertama, tim cewe yang pegang bola. Tapi dengan cept direbut sama Dayat. Dia oper gue bolanya ke gue. Gue giring sambil sesekali mendriblenya. Dan . .masuk !!. Tepuk tangan meriah mengiringi gue. Gue tersenyum kearah Agni yang manyun. Haha . .geli juga gue liat ekspresinya.

Di menit berikutnya, skor kami jauh lebig unggul : 6 : 3. Gue puas banget !! tapi gue ngga boleh lengah. Gue kudu hati hati sama Agni.

Di menit ke lima belas, giliran Agni yang menggiring bola. Gue stand by beberapa langkah di depannya. Tapi tunggu, seseorang mencegat langkah Agni sehingga Agni kesulitan lewat menerobosnya. Dan seseorang itu ngga lain adalah Shilla !!. Gue ngga ngerti. Apa dia pengen ngerebut bola yg Agni pegang ?? tapi ngapain ?? udahlah,  namanya juga cewe. Gue kembali fokus memperhatikan Agni. Gue sempet liat Agni mengisyaratkan "minggir" kepada Shilla. Shilla menurut. Dia bergeser dan memberi jalan untuk Agni. Agni bersiap melangkah, tapi Shilla menunjukan kakinya di depan kaki Agni. Otomatis Agni keserimpet kami Shilla. Bola yg dibawanya melayang entah kemana. Sementara badannya oleng hendak jatuh. Tanpa ada satupun yg mencegah . . .


BRUKKK !!! Agni sukses nibanin gue yg ada di depannya. Sekarang posisi gue ada di bawah sementara Agni berada di atas gue. Kami saling berpandangan. Tatapan matanya yang dalem. Entah kenapa gue ngerasa teduh banget mandang Agni. Jantung gue nyeri. Bukan karna penyakit gue kumat, tapi karna jantung gue berpacu terlalu cepet. Gue ngga ngerti kenapa. Yang jelas, teriakan penonton dan suara peluit Pak Yos menyadarkan kami agar menghentikan adegan so sweet ala sinetron itu.

"Upz, sori Vin" kata Agni. Tampaknya dia juga ngelamun. Secepatnya dia berdiri. Membuat badan gue lega.

"Iya ngga papa" balas gue. Gue menatap Shilla yang sedari tadi menatap gue sama Agni sinis. Gue dekati dia. "Loe kalo maen yang sportif bisa ngga sih ??"

Shilla hanya bisa diam dan memasang wajah jutek. Lalu menepi ke lapangan.

"Agni, kamu ngga papa ??" tanya Pak Yos.

Agni menggeleng. "Ngga Pak "

" Baik kalo begitu permainan dilanjutkan. Shilla kamu di diskualifikasi. urunkan cadangan tim putri " perintah Pak Yos.


Permainan kembali dilanjutkan. Setiap gue berpapasan sama Agni, permainan kami jadi kacau. Tapi guys, hasil akhirnya tetep gue dan tim gue yang menang. Agni menghampiri gue.

"Selamat yah ?? tapi gue ngga akan terima gitu aja sama kekalahan tim gue. Besok jam 4 sore gue tunggu loe disini. Kita tanding. Cuma loe, dan gue" tantangnya.

"Oke ??!! gue siap !!"

Lalu Agni berbalik. Meninggalkan rasa penasaran dalam hati gue.


*  *  *


CAKKA


Ini merupakan hari ketiga gue tinggal di rumah gue yang baru. Selama itu pula gue ngga pernah lagi denger alunan biola dari Acha. Kata Irsyad, Acha lagi di rumah sakit. Belakangan gue tau dari Irsya kalo Acha merupakan cwe ringkih yg gampang banget sakit. Eh, kok gue jadi kepikiran terus sama dia yah ?? ketemu aja belom ??. Aukk ahh !!. Kita ngomongin yang lain aja yah !!.

Dua hari yang lalu, mama daftarin gue ke sekolah yg sama kaya Irsyad. Gue sekelas dan sebangku sama dia. Sejauh ini disekolah baru maupun kompleks, ngga gue temuin cwe yg berhasil narik perhatian gue. Huu . .masih mendig cwe cwe gue di Jogja. Disini biasa semua, kecuali . .yah, kecuali Acha. Jujur gue penasaran banget sama dia. Beberapa kali gue lewat depan rumahnya. Tapi selalu sepi. Mungkin masih di rumah sakit.


2 Hari kemudian.


Gue sedang terduduk sendirian di lapangan sambil sms-an sama Riana. Biasanya sih bareng Irsyad, tapi kali ini dia lagi pergi jenguk sodara di rumah sakit Bandung. Jadilah gue sendirian. Suasana taman emang enak banget buat jagongan alias nongkrong. Setiap sore gue sering kesana.

Ngeekk . .ngookk. . .

Gue tersentak. Apaan tuh ?? suara biola ?? refleks gue edarkan pandangan keseluruh taman dan menemukan sosok gadis yg tengah duduk diatas kursi roda. Dipundaknya bertengger sebuah biola. Gue perhatikan terus gadis itu. Mungkin dia emang Acha. Fuh, manis juga. Dia memainkan biolanya dengan mata terpejam. Bikin yang denger juga ikutan terhanyut termasuk gue. Gue berniat menghampiri. Tapi gue ngga mau permainannya berhenti. Gue putuskan untuk diam di tempat.

Tapi tunggu, ada seseorang menghampirinya. Eh, bukan seseorang melainkan 3 orang. Semua cwo. Tampak seumuran gue. Si cwo pertama mendorong pelan kursi roda. Acha membuka matanya dan menatap ketiga cwo tersebut sengit. yang ditatap hanya cengir. Cwo kedua menjulurkan lidahnya kearah Acha sambil sesekali menirukan gaya orang . .eng . .bisu. Muka Acha memerah karna marah. Cwo ketiga-yang gue rasa pimpinan dari mereka- maju dan mengambil stik biola yang Acha pegang. Cwo itu melemparkannya secara bergantian kearah kedua temannya. Acha hanya mampu meronta.

Sumpah gue ngga tahan liatnya. Gue ikutan emosi. Gue lari ke tempat perkara dan . .BUKK !!gue berhasil meninju si cwo ketiga. Kedua temannya ikutan emosi dan berniat membalas gue, tapi keburu di cegah sang ketua.

"Heh, siapa loe ?? berani ikut campur ??" tanyanya sengak.

"Ngga penting siapa gue. Yang jelas gue adalah orang yang ngga suka liat loe semua memperlakukan cwe kaya tadi"

" Oh, loe mau belain cwe cacat ini ??"

"Heh songong, dia punya nama !!!"

"Gue ngga peduli !! nih rasain !!" cwo ketiga mengambil ancang-ancang hendak menendang gue. Tapi berkat kemampuan karate gue, gue berhasil mengalahkannya. Dia udah mulai jiper dan mengajak kedua anteknya untuk pergi. Beberapa langkah, cwo itu berbalik dan menunjukan jari tengahnya kearah gue. Gue sih nyantai aja !!. Sini maju kalo berani.

Gue berbalik dan memungut stik biola yg dilemparkan cwo songong tadi dirumput. Gue ambil dan gue serahkan ke Acha.

"Nih, stik loe"

Acha tersenyum dan menerimanya. Gue ngeliat ada semacam notes di pangkuannya.

"Lain kali ati-ati yah"

Acha tersenyum.

"Nama loe siapa ??" tanya gue sambil mendudukkan diri di kursi deket Acha.

Acha ngga menjawab. Melainkan membuka notesnya. Tampaknya dia sedang menulis sesuatu. Ngga lama, dia sodorkan notes tersebut ke gue. Di dalamya ada sebuah tulisan.

Namaku Acha

Gue tertegun. Gadis ini bener-bener bisu.


*   *  *


GABRIEL


"Loh, Zeva kemana ??" tanya gue pas Zahra, temen sebangku Zeva menyerahkan surat ijin atas nama Zeva.

"Emang loe ngga dikasih tau ??"

Gue menggeleng.

"Dia kan ke Jakarta"

"Ha ?? ngapain ??"

Zahra mengedikkan bahunya. Gue jadi heran. Ngapain Zeva ke Jakarta segala ?? ngga pamit lagi.


2 hari kemudian


TOKK . .TOKK . .
Gue berjalan membuka pintu.

"Gabriel stevent Damanikk !!!" seru seseorang yang ngga lain adalah Zeva. Dia memeluk gue.

"Darimana loe ?? abis studytour ke Jakarta ?? huuu . .kagak pamit lagi !!" ujar gue. Zeva cuma nyengir.

"Gue punya kabar bagus bagus bagus banget buat loe sama band loe ??!!"

"Apaan emang ??"

"Jadi kemaren gue ke Jakarta itu mau ketemu sama bokap gue. Temen eket bokap gue itu punya kenalan produser salah satu lebal ternama. Gue ceritain tuh loe sama band loe. loe tau ?? temen bokap gue berhasil ngerayu produser. Dan. produser itu beniat liat Silver band !!!"

Gue terbelalak. "Apa ?? maksud loe band kami ke Jakarta gitu ??"

Zeva mengangguk. "Besok sore loe berangkat"

"Besok ?? mendadak banget !! kita belum ada kesiapan apapun"

Ekspresi wajah Zeva berubah. "Iya yah . .terus gimana ??"

Gue diam. Berpikir. "Gini aja Ze. kita sewa studio. Kita rekam terus CD nya kita kirim ke produser itu. Gimana ??"

"Great idea !!! gue setuju !!"

"Thanks banget ya Ze !! semua berkat loe"

"Iya iya . .semua kan gue lakuin demi loe"

Gue tersentuh denger ucapan Zeva. Andai dia tau perasaan gue sebenernya ke dia. Tapi engga Yel, loe ngga boleh suka sama Zeva !! dia terlalu sempurna buat loe. Dia kaya, baik, pinter dan Zeva berhak dapet yg jauh lebih dari loe !! ayolah Yel !!!.

Sedetik kemudian gue tau kalo ini adalah awal masa indah yang udah merupakan impian gue sejak dulu.


*  *  *



Tidak ada komentar:

Posting Komentar