Minggu, 10 Juli 2011

Magentha (Keabadian Cinta dalam Persahabatan) -Part 19(Shilla)-

SHILLA P.O.V

Denganmu
Sepiku kan berlalu kan berganti
Berganti keindahan yang belum pernah kurasa..

Kau beri gelora di jiwaku
Taklukan keraguan dan ketakutan hatiku..

Selamat datang cinta
Dihatiku..kusambut hadirmu
Berikan aku cinta..
Rahasia kehidupan..
Tanpa engkau cinta..
Aku buta kau cahaya hati..
Cinta tak pernah salah dalam memilih…


Alunan lagu Gita gutawa nemenin kesendirian gue saat ini. Gue berusaha meresapi isi lagu itu. apa Ray pantes sama gue ?? hmm..sejak Magentha ngetawain gue tempo hari gara gara Ray, gue jadi mikir mikir kalo mau deket sama dia. Gue niat untuk jaga jarak. Gue ngga mau di-cap sebagai Tante Tante yang demen brondong. Kalo ditilik tilik sih perbedaan kami ngga begitu menonjol. Perbedaan gue sama Ray maksudnya, bukan gue sama tante tante. Oke lupakan yang barusan. Tapi bener kan ?? gue sama Ray Cuma beda 2 tahun. Ngga begitu mencolok. Tapi kok gue tetep aja ngerasa ganjil ya ??

Ray sadar gue mulai menjauhinya, menghindarinya. Berkali kali dia mencoba menemui gue, tapi gagal. Dia sms, gue ngga bales. Telpon, gue reject. Wall, massage di FB gue kacangin. YM, gue ngga pernah OL YM. Mention di twitter numpuk dan ngga ada satupun yang gue bales. Deva sampe bolak balik tanya sama gue ada apa sama Ray. Hmm..adik gue ngga perlu tau gejolak hati gue sekarang. Jujur, gue sendiri ngerasa tersiksa dengan situasinya. Gue rindu sama konyolnya Ray. Apalagi kalo inget pas dia nyium gue. gue jadi ngerasa kaya orang gila gara gara senyam senyum sendiri inget hal itu.

Drrttt..drrttt..
Hape gue getar. Ada sms masuk. Palingan dari….

From : Ray

Shill, jangan cuekin gue kaya gini terus dong ??
Kalo gue salah ya loe ngomong..


Hampir tiap waktu dia sms yang intinya kurang lebih sama. Gue tau dia juga tersiksa dan ngga mau keadaannya kaya gini. Sama aja gue ngegantung dia.

To : Ray

Loe ngga salah. Mulai sekarang, jauhin gue.

Entah mengapa, tumben gue niat bales sms-nya. Ngga lama dateng balesan.

From : Ray

Tapi kenapa ??

~~

To : Ray

Gue ngga suka…

Baru aja kekirim, hape gue kedip kedip. Ray telpon !!
Gue angkat ngga ya ??
Oke Shilla, ini buat ngelurusin masalah loe. Gue angkat deh..

“Halo”

“Kenapa loe mau gue jauhin loe ??” cerca Ray.

“Gue ngga suka Ray”

“Ngga suka maksudnya gimana ?? loe ngerasa terganggu sama gue ??”

“Bukan begitu Ray. Loe harus nyadar kalo kita beda”

“Beda ?? cinta ngga mengenal perbedaan. Gue suka sama loe Shill, loe juga kan ??”

Deg..gue nelen ludah. Rasanya gue pengen bilang ‘gue juga suka sama loe Ray..sukaaaaa banget’ tapi kalimat tersebut menggantung di kerongkongan gue.

“Ngga !! loe kepedean banget sih ?? siapa juga yang suka sama loe. Loe itu Cuma gue anggep adik tau” aku gue..BOONG.

“Gue ngga percaya. Dari tatapan loe, loe juga suka sama gue”

“Ray, loe tuh ngeyel banget sih ?? gue bilang ngga ya ngga !!”

“Tapi kenapa ??”

“Gue ngga suka sama loe. Loe itu masih kecil, dan lagi ngga punya sopan santun”

“Oh jadi loe masih inget kejadian pas gue nyium loe ?? oke gue minta maaf dan ngga akan ngulangin itu lagi. Yang penting loe jangan boongin perasaan loe kaya gini Shill” pinta Ray. Nadanya memelas. Gue jadi kesian.

“Ngga Ray. Loe ngerti kata NGGA kan ??? gue ngga suka, gue ngga mau, gue ngga boong !! GUE NGGA SUKA SAMA LOE !!” bentak gue.  lalu mematikan telpon. Ngga lama, sebuah sms masuk.  Mata gue terbelalak baca isi sms itu.

From : Ray

Sampe kapanpun gue ngga percaya sama pengakuan loe barusan.
Gue bakal berusaha terus sampe gue tau yang sebenernya.
Gue akan ngejar loe, gue tunjukin kalo gue udah dewasa.

Sekali lagi gue nelen ludah. Gue ngga tau sampe kapan gue mampu berbohong. Maaf Ray..

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

“Shil, temenin ke toko buku yukk” ajak Oik.

“Mau ngapain Ik ??”

“Aku mau cari buku resep makanan. Kakekku yang dari Magelang mau dateng ke rumah. Aku minta tolong yang lain katanya ngga bisa. Kamu mau kan ?”

“Mmm…boleh deh. Kebetulan gue juga lagi suntuk banget di rumah. Kapan kita berangkat ??”

“Ntar sore ??”

“Sippp..gue jemput loe ya”

“Iya. Makasih ya Shill” ucap Oik. Gue tersenyum.


Sore harinya gue ngacir ke toko buku bareng Oik. Dia lagi sibuk memilah milih buku di area resep makanan. Sementara gue asik liat liat novel dengan kedua telinga disumpal headset i-pod. Lagi asik asiknya, ada sesoerang yang menepuk pundak gue.  tepukan pertama, kedua, gue kacangin. Tepukan ketiga, baru gue boleh. Astaga…

“Hay Shilla” sapa Ray. Disebelahnya berdiri seorang cewe imut yang gue akui lebih pantes sama Ray yang juga imut. Gue copot headset.

“Ohh..hay Ray” gue tersenyum kikuk.

“Ngapain disini Shill ??”

“Nemenin temen beli buku”

“Oia kenalin ini namanya Olivia. Liv, ini Shilla. Ka Shilla” ucap Ray. Olivia mengajak gue salaman.

“Olivia”

“Shilla”

“Eh gue duluan ya. Yukk Liv” ajak Ray lembut kepada Olivia. Gue memandangi punggung mereka berdua dengan tatapan cemburu. Iyalah !! gimana sih Ray ?? katanya suka sama gue, eh malah jalan sama cewe laen. Eurrgghhh..ngga konsekuen !!

“Kenapa Shill ??” tanya Oik.

“He ?? Ngga papa kok. Udah selesai ??” Oik mengangguk. Kami berjalan menuju kasir.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Sampe di rumah gue uring uringan terus. Gue cemburu berattt..dan gara gara itu gue jadi badmood. Drai tadi Deva gue omelin terus.

“Hadehhh…loe kenapa sih Ka ?? lagi dapet ya ?? ngomel mulu ??” keluh Deva pas gue negur dia.

“Aukk ahh..” jawab gue ketus.

“Beuhh dasar cewe emang susah” Deva mengalihkan pandangannya kembali ke TV.

“Mmm…Dev”

“Hmm”

“Olivia itu siapa sih ??” tanya gue ragu. Deva langsung noleh. “Loe tau darimana gue punya temen namanya Olivia ??”

“Dari Ray”

“Kok bisa ??”

“Aduhhh jawab aja deh susah amat”

“Beuhh iya iya. Jadi si Oliv itu temen sekelas gue sama Ray. Dia naksir sama Ray”

“Apa ?? terus si Ray gimana ??”

“Ray ngga suka. Padahal Oliv baek, pinter, lucu lagi”

“Kenapa ngga suka ??”

“Gue ngga tau tuh. Emang napa sih ?? ada masalah ??” tanya Deva.

“Ngga kok. Udah ahh..gue mau ke kamar” gue bangkit dan ngeloyor ke kamar.

Twitteran ahh..ketimbang bete.
Timeline rame. Di penuhi sama Ray.
@Raynald_Drummer : Gue terpaksa..
@Raynald_Drummer : gue akan terus ngejar loe..
@Raynald_Drummer : Gue ngga akan nyerah !!
@Raynald_Drummer : Gue bisa liat tadi loe cemburu..


Aduhhh mumet gue baca statusnya !!
Tuh anak ngeyel banget sih. Udah ahh gue off.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

“Shill, gimana loe sama Ray ?” tanya Acha.

“Gatau ahh..” gue benamkan muka gue ke kedua tangan yang dilipat. Gue jadi inget, pas Acha mau bunuh diri, gue malah nyeplos sesuatu yang berhubungan sama Ray. Dan itu sukses bikin Acha ketawa dan ngga jadi bunuh diri. Hmm..kayanya juga Acha tau kalo gue suka sama sepupunya itu.

“Dia keukeh ngejar loe Shill” kata Acha. Dia menduduki bangku Agni di sebelah gue.

“Loe bilangin deh Cha, gue ngga suka sama dia. Jadi jangan ganggu gue lagi” lirih gue.

Mata Acha membulat. “Kok gitu ?? Ray baek lho Shill..dewasa”

“Tetep aja gue ngga suka. Gue ngga tertarik sama dia. Tolong dong Cha..jangan paksa gue”bujuk gue.

“Iya deh. Ntar gue sampein”


Gue  taruh tas di meja belajar. Gue rebahkan diri di kasur. Ahh..cape banget nih hari.
Drrttt..drrttt..
Sms dari siapa lagi ??

From : Ray

Gue udah denger dari Acha.
Loe beneran ngga mau diganggu sama gue ??
Kalo gue pergi dari hidup loe, loe seneng ??
Atau..malah rindu ??
Jawab jujur Shill..

Argghhh !! perasaan gue makin kacau. Gue ngebegoin diri gue sendiri. Kenapa juga harus bilang kaya gitu ke Acha ?? gue ngga tega juga ngebiarin Ray kaya gini terus.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

TINGG TONGG..
Aduhh siapa sih ?? ganggu acara orang nonton TV aja. Mana Mba Sarti lagi ke rumah Pak RT, Deva juga lagi tidur. Males, gue bangkit membukakan pintu.
“Ray !!” pekik gue kaget pas liat Ray udah berdiri di ambang pintu.

“Gue perlu ngomong sama loe”

“Ngga !! gue ngga mau ketemu sama loe !!” Gue tutup pintu langsung. Gue kunci.  Gue lagi ngga mau ketemu sama Ray.

“Shill, buka dong. Kita selesein masalah kita” teriak Ray dari luar.

“Ngga ada yang perlu diselesein Ray. Gue ngga suka sama loe. Loe tau ngga sih ?? gue nolak loe !! NOLAK LOE !!”

“Gue ngga percaya sebelum loe bukain pintu dan bilang langsung di depan gue. tatap mata gue !!”

Gue menjerit dalam hati. Yang dibilang ray emang bener, gue Cuma bisa mengatakan penolakan ini secara ngga langsung. Gue ngga tau apa gue masih bisa nolak Ray secara langsung ??

“Shill..gue yakin loe boong. Pas pertama loe hepi hepi aja tuh deket gue. tapi kenapa semuanya malah jadi gini ?? loe terus terusan ngehindarin gue ?? gue ada salah ??” cerca Ray.

Gue hanya diam. Ngga mau bicara apapun. Gue duduk lesehan di balik pintu. Gue liat di jendela. Ray terduduk dengan posisi yang sama kaya gue tadi. Kami saling memunggungi. Hanya saja terhalang selembar daun pintu.

“Maaf Ray..gue Cuma malu suka sama cwo yang usianya lebih muda dari gue” gumam gue.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

“Kalo loe suka, yaudah terima aja. Ngapain juga pake nolak segala” tanggep Zeva pas gue cerita perihal Ray.

“Tapi gue malu Ze..ntar dikira gue demen brondong lagi”

“Ya ngga lah Shill, Ray manis kok, ganteng, imut. Wajar aja kalo loe kesengsem sama dia. Ngga aneh kok. Loe aja yang ngerasa begitu”

“Belum lagi kalo gue jalan sama dia. Ntar dikiranya gue jalan sama adik gue sendiri lagi. Ntar bukannya gue yang dijagain Ray, malah kebalikannya. Huaaa gue ngga mau Jee…” rengek gue.

Zevana menggelengkan kepala. “Loe malu sama siapa sih ?? sama Magentha ?? ealahh contoh tuh si Ify. Awalnya dia malu ngakuin Gabriel. Tapi kesininya dia jujur. Kita terima statusnya Iel. Dan sekarang, mereka jadian kan ??”

“Tapi kan gue beda sama Ify. Ray juga beda sama Gabriel . Gabriel dewasa, seumur juga sama Ify. Lah gue ??”

“Pikiran loe cetek banget sih Shill. Yang ngejalanin ini kan loe, loe sama Ray. Ngapain juga musti dengerin omongan orang lain ?? anggep aja angin lalu. Seperti kata pepatah, anjing menggonggong, biarlah Shilla Ray berlalu”

“Beuhhh yang bener tuh kafilah kaleee”

“Hehe kan disesuain sama loe dan Ray”

“Terus gue kudu gimana Je ??”

“Tanya aja sama hati kecil loe. Disana loe tau jawabannya” jawab Jeje simple.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Makin hari Ray makin rajin ngehubungin gue. sampe gue ngga konsen jalanin pelajaran di sekolah. Bener juga kata Zeze. Yang ngejalanin kan gue..ngapa juga repot sama pendapat orang lain ?? tapi tetep aja..gue ngga bisa ngilangin itu dari benak gue. ngilangin perbedaan gue sama Ray.

“Ka, liat Ray yukk !! ntar sore dia pentas di Venus café. Nyanyi sambil nge-drum” ajak Deva begitu gue sampe rumah.

“Jam berapa ??”

“Jam 4. Mau ya..nemenin gue”

“Terserah loe deh” sebenernya agak males juga. tapi gue pengen liat Ray. Gue kangen sama dia.

Jam 4 sore gue sama Deva udah duduk manis di kursi pengunjung. Sampe tiba waktunya Ray tampil. Dia sempet kaget liat gue, tapi setelah itu biasa aja.

“Lagu ini gue persembahin untuk seorang cewe..cewe yang gue sukai. gue ngga tau apa kesalahan gue sampe dia nolak gue terus terusan. Mungkin karna perbedaan diantara kita. Tapi gue janji, gue ngga akan nyerah !!” tutur Ray lewat mic. Gue salting. Semua kata kata Ray ditujukan untuk gue. walaupun pas ngomong, dia mengarah kearah lain. Tapi gue yakin…itu untuk gue.

DUGG..Ray mulai asik memainkan drumnya dengan irama slow.

Apa salahku..
Kau begini..kau tarik ulur hatiku hingga sakit yang kurasa..
Apa memang ini..yang kamu inginkan..
Tak ada sedikitpun niat tuk serius kepadaku..

Katakan yang sebenarnya..
Jangan mau tak mau seperti ini..

Akhirnya..
Kini aku mengerti..
Apa yang ada..dipikiranmu selama ini..
Kau hanya ingin..
Permainkan perasaanku..
Tak ada hati..tak ada cinta..

Apa memang ini…yang kamu inginkan..
Tak ada sedikitpun niat tuk serius kepadaku..

Katakan yang sebenarnya..
Jangan mau tak mau seperti ini..

Akhirnya..
Kini aku mengerti..
Apa yang ada..dipikiranmu selama ini..
Kau hanya ingin..
Permainkan perasaanku..
Tak ada hati..tak ada cinta..


Lagu Ray sukses nusuk hati gue. astaga..apa Ray beranggapan seperti itu ?? jangan jangan dia nyangka gue Cuma mempermainkan perasaannya aja. Gue ngga tahan dengernya, gue putuskan ninggalin café sebelum Ray selesai nyanyi.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

From : Ray

Gue tanya sama loe..
Untuk yang terakhir kalinya..
Tolong jawab jujur..
Apa loe beneran ngga suka sama gue ??

Gue bimbang. Harus bales apa gue ?? belum aja gue bales, masuk sebuah sms lagi. Dari Ray juga.

From : Ray

Jangan dijawab sekarang.
Lusa, loe temui gue di danau asri.
Ada hal penting juga yang mau gue sampein.

Kok nada bicaranya kaya orang putus asa gitu ya ?? gue kudu gimana ?? satu satunya cara supaya gue bisa tau suasana hatinya yaitu…twitter !!

Kilat, gue buka aplikasi twitter di hape. Gue tancap ke profilnya Ray.

@Raynald_Drummer : Gue cape terus terusan kaya gini..
@Raynald_Drummer : Gue ngga suka ditolak !! gue ngga percaya loe nolak gue..
@Raynald_Drummer : Gue tau apa sebab loe ngehindar dari gue. maka dari itu, gue bakal buktiin sama loe, kalo gue pantes buat loe !!
@Raynald_Drummer :waktu gue tinggal 4 hari lagi..4 hari ditebus dengan 4 tahun..

Tunggu deh, maksud status yang terakhir apa nih ???
Kok kaya mau pergi aja ??

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Gue tancap gas menuju ke danau asri. Danau yang airnya tenang dan ngga banyak pencemaran lingkungan. Pokoknya tempatnya asik banget deh. Gue kesana sendiri. Ngga bilang sama siapapun. Sesampainya, gue cari Ray. Dan gue nemuin dia lagi duduk di rerumputan sambil memeluk kedua lututnya.

“Gue dateng” kata gue datar.

Ray mendongak. “Duduk di sebelah gue”

Gue menurut.

“Gue ngga percaya sama penolakan loe. Loe bilang sejujurnya ke gue. plisss…gue butuh itu” bujuk Ray.

Gue menatap Ray sebentar. Gue ngga sanggup nolak dia di depannya langsung.

“Entahlah Ray”

“Pas kemaren di telpon, loe nolak gue. pas gue dateng ke rumah loe, juga sama. Semua jawaban pasti ada alesannya kan ??”

“Gue belum siap Ray”

“Maksud loe ?”

“Bukan gue ngga suka sama loe. Tapi gue malu aja harus ngakuin kalo gue suka sama loe yang notabene seumuran sama adik gue” aku gue.

Ray mendelik. “Cuma itu ??”

“Ya..gue juga sedikit ngeraguin kedewasaan loe. Asal loe tau aja Ray, gue suka sama cowo dewasa. Kalo aja loe bisa buktiin ke gue dengan cara yang wajar dan ngga konyol kaya dulu, mungkin gue bisa mempertimbangkannya lagi”

“Loe mau bukti ??”

“Ya, tapi awas kalo loe maen nyosor lagi” gue menarik kepala gue menjauh. Takut kejadian dulu keulang lagi. Ternyata engga. Ray terkekeh. “Haha ya ngga lah. Gue janji gue bakal jadi cwo yang dewasa buat loe”

Alis gue terangkat satu. “Gimana caranya hayoo ??”

“Lusa, gue bakal ke Amrik” jawab Ray. Matanya menatap laju air danau yang tenang.

“He ?? ngga lucu ahh becanda loe Ray”

“Gue serius Shill. Gue mau sekolah disana. Gue putuskan ini bukan tanpa alesan. Alesan gue adalah loe. Gue pengen jadi yang terbaik buat loe. Gue pengen loe ngerasa Cuma gue lah yang pantes milikin loe” jelas Ray.

“Berapa lama loe pergi ??” gue udah mulai sedih. Dari nada bicaranya, gue yakin Rau serius.

“4 tahun. 2 tahun gue kuliah disana. Dan setelah itu, gue balik” saut Ray.

“Kok lama banget Ray..gue pasti bakal kehilangan loe banget” ratap gue.

“Haha kan loe sendiri yang mau gue jadi dewasa. Gue pengen mandiri di negeri orang”

“Iya tapi kan ngga perlu ke Amrik segala. Kejauhan..”

“Gue udah mantep Shill..”

“Ray..”

Ray menatap gue. lalu tersenyum. “Tunggu gue ya..satu satunya orang yang gue temui setelah menginjak ibu kota yaitu loe”

Gue tersenyum. Gue tunjukkan kelingking gue. “Janji ya ??”

Ray mengaitkan kelingkingnya. “Janji”

“Eh tunggu, maksud loe bawa bawa Oliv ke toko buku itu apa ??”tanya gue keras. Masih belum lupa tuh pas gue cemburu abis liat dia bawa cewe.

“Ohaha..itu gue sengaja. Gue denger dari Deva, katanya loe mau ke toko buku sore itu. taudah gue langsung telpon Oliv. Terus gue susul deh. Itung itung manas manasin loe lah. Gue pengen liat apa loe jujur sama penolakan loe ??” terang Ray.

“Ihh loe nyebelin banget sih” gue mendorongnya pelan. Ray masih ngakak.

“Gue sayang sama loe, Ka Shilla” ucap Ray dalam. Gue bisa ngerasain pipi gue panas.

“Gue bakal jawab…4 tahun lagi. Dan, selama itu loe harus tetep panggil gue Ka Shilla” ujar gue. Ray tersenyum. Dia bangkit, hendak mencium kening gue, tapi gue cegah.

“Eitsss…ngga ada status, no kissing !!” cegah gue.

“Yahh..loe mah gitu”

“4 tahun lagi Ray” kata gue seraya menunjukkan keempat jari gue.
“Iya juga sih..pokoknya tunggu gue 4 tahun lagi !! loe harus jadi cewe gue”

“Idih maksa lagi loe”

“Bodo”

Begitulah. Di danau, gue sama Ray menghabiskan waktu terakhirnya. Sedih juga Ray pergi. Kaya ada yang kurang gitu. Ray..akhirnya gue bisa juga jujur sama dia tentang perasaan gue. ngga perlu malu, karna udah ketemu penyelesaiannya. 4 tahun lagi, semua akan terjawab.

-TAMAT-

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar