Minggu, 10 Juli 2011

Magentha (Keabadian Cinta dalam Persahabatan) -Part 16(Agni)-

AGNI P.O.V

Hari demi hari, Rio jadi deket sama gue. makin deket. Seakan bagian dari hidup gue. entah, tapi gue ngerasa nyaman banget deket Rio. Tekad gue buat bikin dia bahagia semakin kuat. Tapi sampe sekarang, Rio masih belum bisa inget Keke.

“Yo, makan ya..habis itu kita gitaran” bujuk gue. Rio ngga bergeming. Cuma melirik makanan sebentar, lalu mengambalikan pandangannya lagi ke tempat semula.

“Yo, kamu kenapa sih ??” Tanya gue heran. Biasanya kalo gue udah turun tangan buat ngebujuk, pasti Rio mau makan. Tapi ini ??

“Rio..kangen..rumah..kangen..papa..kangen..mama” lirihnya. Gue makin trenyuh pas liat bulir airmata yang menggenang di pelupuk mata Rio. Jangan nangis Yo, gue ngga bisa liat airmata loe. Gue ngga akan rela loe nangis. Gue janji Yo, gue bakal balikin apa yang seharusnya jadi milik loe…gue janji.

“Rio jangan sedih dong. Airmata Rio, airmata Agni juga” gue ngomong dengan suara bergetar. Entah, tapi pas liat Rio berkaca kaca, gue jadi ikut sedih. Nyesek banget rasanya.

“Rio..pengen..ketemu..mama..Rio…pengen..ketemu..papa..Rio..”

“Sssttt..” sela gue sambil meletakkan telunjuk gue ke bibirnya. Gue ngga mau Rio nerusin kata kata tadi. Bokap sama nyokapnya kan udah meninggal. Sementara Rio bilang tadi, kalo dia pengen ketemu mereka. Ahh..ngga !!

“Rio jangan ngomong gitu dong !! Agni ngga suka !!” bentak gue. Rio terkejut, dia mandang gue sedih. Gue sadar, omongan gue kasar sama dia.

“Rioo..” lirih gue. tapi Rio menepis tangan gue yang mau nyentuh dia, Rio bangkit dan berlari entah kemana. Gue ngga mengejar. Biarlah dia merenung. Gue juga merenung. Bego !! gue bener bener bego !!.


^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

“Ke, tolongin kaka Ke” gue bingung. Udah 3 hari Rio ngambek. Ngga mau ketemu gue. jadilah gue lari ke rumah Keke, minta bantuan dia.

“Bantuan apa Ka ?”

“Bujuk Rio ya..deketin dia. Dia lagi marah sama gue gara gara gue ngga sengaja bentak dia. Loe mau kan ?? soalnya beberapa hari lalu dia bilang lagi kangen sama keluarganya. Loe kan keluarganya, siapa tau Rio luluh” terang gue.

Keke menimbang. “Mmm..aku sedikit ragu ka”

“Udah Ke, tenang aja. Semua pasti bakal baik baik aja kok. Tolong ya..plisss” gue menyatukan kedua telapak tangan di dada. Isyarat memohon.

“Iya deh”

“Thanks  ya Ke”

Dan untuk beberapa hari ke depan, gue biarin Keke ‘PDKT’ sama Rio. Gimana juga, gue pengen Rio balik ke keluarganya. Bagus kan kalo Keke bisa deket lagi sama Rio. Sementara gue jadi jarang nengokin Rio karna sibuk persiapan buat lomba karate tingkat sekolah. Belum lagi sebentar lagi Aren ulang tahun.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

“Ag..jalan yukk !! gue mau ngomong sama loe” ajak Riko selesai latihan.

“Mmm..boleh boleh. Mau ngomong apa loe ??”

“ya ntar loe juga tau. Yukk ah..lama loe”

“Iya iya”

Motor Riko berhenti di sebuah dermaga. Gue mengekor langkah Riko. Kami duduk di sebuah bangku panjang.

“Ag..”

“Hmm”

“Boleh gue jujur sama loe ??” Riko ngeliatin gue mulu. Gue jadi risih. Pas gue mandang dia balik, Riko megang tangan gue.

“Ko..”

“Gue suka sama loe Ag..dari dulu” pengakuan yang gue tunggu dari dulu. Arghh..gue juga suka loe Ko !!

“….”

“Loe..mau jadi seseorang yang berarti buat gue ?? ijinin gue jadi pemilik hati loe. Gue bakal jaga loe, jaga hati loe. Gue ngga akan nyakitin loe. Gue…”

“Gue mau Ko” sela gue. mata Riko membulat. “Serius ??”

Gue mengangguk cepat. “Gue juga suka sama loe”

Riko terkekeh. “Thanks banget ya Ag..”

Gue tersenyum. Sore itu hari yang bersejarah buat gue. hari dimana gue jadian sama Riko, cowo yang gue sukain dari dulu.
^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Beberapa hari kemudian..

“Ka, aku berhasil bawa ka Rio pulang ke rumah” ucap Keke lewat telpon. Gue speechless.

“Ka ?? Ka Agni !!”

“Eh iya iya. Serius Ke ??”

“Iyalah Ka..serius banget !! Ka Rio udah bisa nerima aku sebagai adiknya lagi. Makasih ya Ka..berkat kaka”

“Iya Ke, sama sama. Besok kaka kesana ya”

“Sipp Ka”

“Yaudah deh..jagain Rio ya”

“Iyalah Ka..bye”

“Bye”

Gue kira semua udah beres ketika Rio berhasil kembali ke rumahnya. Tapi..dugaan gue salah.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

“PERGI !!” bentak Rio keras pas gue nyamperin dia ke rumah.

“Rio..ini Agni..Rio ngga inget ??” gue nyoba nyentuh pundaknya. Tapi Rio nepis tangan gue kasar, lalu mendorong bahu gue.

“Jahat !! Rio benci !!” Rio berlari ke menyusuri tangga. gue mau nyusul, tapi keburu ditahan Keke.

“Jangan dikejar Ka..ntar Ka Rio malah tambah ngamuk”

“Tapi Ke, kaka kudu deketin dia..kaka Cuma..”

“Ka, dengerin kata kataku..Ka Rio butuh ketenangan. Bukannya kaka sendiri yang bilang, sebisa mungkin jangan bikin Ka Rio ngerasa tertekan. Ka Rio lagi ngga mau liat muka Ka Agni. Jadi jangan buat dia marah ka..” sela Keke. Gue mendalami ucapan Keke yang terkesan ngusir gue. gue liat kearah tangga.

“Oke, gue balik” pamit gue. besok, sepulang ulang tahun Aren gue bakal kesini lagi.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Seharian gue ngga konsen belajar. Sms dari Riko juga gue anggurin. Yah apalagi kalo bukan mikirin Rio.

“Ag, badan loe disini, tapi pikiran loe ngga tau kemana ??” bisik Shilla pas kami lagi pelajaran matematika. Untung gurunya Bu Romi, yang dijuluki ‘bunda’ saking lembutnya. Jadi gue ngelamun kaya apa juga, ngga akan diomelin.

“Gue bingung Shill..”

“Bingung napa ??”

“Gu…eh gue bingung kado apa yang cocok buat Aren” nyaris gue cerita masalah Rio.

“Ohh itu…gue kiraen apaan. Ntar gue temenin nyari kado deh”

“Thanks” gue tersenyum kecil.

“Yoyoy”

Sore harinya gue nyari kado ditemenin Shilla. Sengaja ngga ngajak Riko, akhir akhir ini gue lagi ngga pewe kalo pergi sama dia.

“Ini bagus Ag” Shilla nunjuk boneka sandal warna pink ukuran jumbo.

“Terserah loe deh Shill..gue ngga bakat nyari beginian”

“Beuhh gimana sih loe. Yaudah deh gue ambil ini buat loe” Gue mengangguk cuek. Shilla ngacir ke kasir. Gue liat liat sendiri. Tiba tiba, mat ague nangkep Keke lagi jalan sama temen temennya. Ngga salah kan gue ?? berarti Keke ninggal Rio sendirian ?? kalo gini caranya gue kudu telpon Keke.

“Halo Ka” jawab Keke.

“Loe dimana dek ??”

“Di..mmm….di rumah Ka”

“Di rumah ?? kok rame ya ??” goda gue. seberapa kuat sih dia berbohong ??

“Iya..aku lagi di nonton DVD ka” nonton gimana ? jelas jelas gue liat lagi ketawa ketiwi sama temen temennya.

“Rio lagi ngapain ??”

“Hah ?? mmmm..la..lagi gambar gambar di pinggir kolam Ka” BOONG !! jelas jelas Rio paling ngga suka kalo disuruh ngegambar. Gue tau itu karna dulu, pas Bu Salma ngasih Rio crayon sama buku gambar, Rio malah ngebuang semua di kolam ikan.

“Ohh yaudah. Jagain dia ya”

“Iya Ka”

Kesel juga gue. ternyata Keke belum sepenuhnya bertanggungjawab. Kalo gini caranya, nasib Rio di RSJ sama di rumah bakal ngga jauh beda. Sama sama ngga ada yang merhatiin. Sayangnya Rio lagi marah sama gue. haduhh..gimana gue mau deketin Rio kalo gini caranya ?? yang ada dia ngamuk ngamuk.

“Woii !! ngelamun loe” Shilla berseru tepat di kuping gue.

“Kalemm…budge gue” sungut gue sambil ngusap kuping.

“Haha makanya jangan ngelamun. Udah yokk !! kita kudu siap siap buat ke ultahnya Aren” Shilla nyeret lengan gue keluar giftshop. Ninggalin Keke dan teman temannya yang masih belum menyadari kehadiran gue.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Pesta ulang tahun Aren, gue bawa Riko. Gue belum bilang ke semua kalo gue jadian sama Riko. Di pesta itu, gue bisa ngelupain sejenak masalah Rio. Gue nimbrung ke Shilla sama Acha. Gue juga dikenalin Acha sama Ray. Haha Shilla salting. Ray lumayan juga. ngga lumayan lagi. Ckck..ngga lama, Ify bawa gandengannya. Gue sempet Tanya Tanya tentang si cowo yang namanya…Samuel, Jibriel, eh..Ga..Gabriel kalo ngga salah !! entah apa yang aneh, tapi jawaban yang seharusnya dijawab Gabriel malah diserobot Ify. Mungkin itu yang nyebabin Gabriel marah dan pergi. Haha rasain loe Fy !!

Boring juga..pikiran gue terus melayang ke Rio. Lagi ngapain dia ?? dia pasti kesepian. Huaaa gue nyesel banget sama bicara gue waktu itu. sumpah gue ngga ada niat bentak dia.

Pesta dimulai. Sebuah suara gaduh mengagetkan kami. Singkat, gue tau kalo Aren malu ngakuin kakaknya yang punya—ehem—sedikit cacat di wajahnya. Kaget awalnya. Tapi biarlah ini jadi urusan Aren sama kakaknya.

Kegaduhan di pesta itu membuat pesta bubar mendadak. Gue manfaatin buat pergi ke rumah Rio. Riko ribut minta ikut.

“Aduhh Ko, ntar kalo loe ikut, Rio ngamuk lagi. Dia udah lagi marah sama gue. apalagi kalo dia liat gue bawa loe, beuhh apa ngga makin gedeg dia sama gue ?” tolak gue pas Riko minta ikut.

“Gue nungguin di depan ya ngga papa deh. Gue Cuma mau mastiin kalo loe ngga diapa apain sama tuh orang gila”

“Heh, jaga bacot loe !! udah gue bilang, Rio bukan orang gila !!” bentak gue.

“Oke oke gue minta maaf. Ayoolah Ag, ijinin gue ikut”

“Terserah loe” gue bĂȘte setengah mampus sama Riko. Udah berapa kali coba gue bilang, jangan nyebut Rio orang gila !!

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

“Rioo..” gue liat dia duduk membelakangi sambil menghadap ke kolam. Ragu, gue sentuh pundaknya. Dia noleh. Tanpa gue sangka, dia langsung meluk gue.
“Rio..Keke mana ??” Tanya gue lembut. Rio ngga jawab. Perubahan sikap Rio kembali gue terima. Semenit dia meluk gue, semenit kemudian dia melepasnya dengan kasar dan mendorong gue hingga terjatuh duduk.

“Rio..kamu kenapa ??” Rio memandang tajam. Bukan kearah gue..tapi kearah lain. Gue ikutin pandangan Rio. Ternyata ada Riko dibelakang gue. pantes..

“Rio benci !!!” kemudian, Rio mengambil gitar yang dibawa Keke dari RSJ dulu. Lalu dia ayunkan gitar itu hingga mengenai lengan belakang gue.  serangan itu begitu cepet. Gue kaget, bukan karna sakit. Tapi karna rio..tega nyakitin gue.

“Heh jangan kurang ajar loe!!” Riko maju, bersiap mukul Rio. Tapi gue cegah.

“Jangan !! jangan Ko..”

“Tapi dia udah kurangajar sama loe”

“Ngga. Gue ngga mau pake kekerasan. Udahlah Ko, kita pergi aja” gue ngajak Riko pergi. Gue kembali noleh kearah Rio. Matanya memancar kesedihan. Gue ngga marah atas perlakuan kasarnya tadi. Gue..gue malah kasian sama dia.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Sore itu, gue lagi kumpul sama anak anak Magentha. Kami habis telpon Sivia yang lagi terbaring di rumah sakit gara gara keserempet motor. Gue ngga tau kejadiannya gimana., yang jelas pas kami telpon, dia malah nangis dan mutus telpon. Kami bersiap ke rumah sakit. Tapi diurungkan karna ada gossip mamanya Acha. Gossip yang dibilang..memalukan. semua hening setelah acara gossip selesai. Garing juga..bingung..serba salah. Kesian Acha.

Di tengah keheningan, hp gue bunyi. Telpon dari Keke.

“Halo”

“Ka gawat Ka”

“Kenapa ?”

“Ka Rio..Ka Rio kabur”

“Apa ??!! iya gue kesana sekarang” gue masukin ponsel ke saku.

“Guys, gue ada urusan penting. Gue balik dulu ya” pamit gue . gue mengendarai mobil dengan perasaan galau luar biasa. Kenapa Rio bisa kabur ??

Ya Tuhan..
Moga ngga terjadi sesuatu sama Rio..

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar