Minggu, 10 Juli 2011

Magentha (Keabadian Cinta dalam Persahabatan) -Part 9 (Agni)-

AGNI P.O.V

Sejak gue gitaran di depan Rio, sikapnya jadi lebih terbuka sama gue. Nyaris setiap hari gue ke RSJ. Nyaris setiap saat pula gue gitaran sama Rio. Rios eneng banget kalo gue nyanyiin lagu dengan gitar sebagai iringan. Tapi kadang dia jail juga. Pas gue lagi asik asik metik senar, si Rio ngerusuhin dengan cara narik senar lain. Terus mukul mukul badan gitar. Walupun begitu, semua kami lakukan dengan hepi. Ngga ada lagi dorongan kasar atau tatapan benci Rio ke gue. Asli gue seneng seneng senenggg…banget !!

Tapi tugas gue ngga sampai situ. Gue masih punya seabreg rencana yang tersusun di otak gue. Yap, gue harus temui adik perempuannya Rio, kasih dia pengertian sampe gue bujuk dia supaya bawa Rio pulang. Oke, gue bakal lakuin itu hari ini.


“Ag, loe ikut kumpul ngga ??” tanya Acha.

“Ngga deh, sori ya Cha..gue ada urusan. Bye semua” pamit gue cepet sebelum anak Magentha yg lian nanyain gue.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Gue sampe di sebuah rumah yang cukup besar. Rumah bertingkat dengan cat hijau. Gue meneliti lagi, mencocokkan dengan alamat yang tertulis di kertas yang gue dapet dari Bu Salma kemaren. Bener kok ! gue tarik nafas…lalu melangkah mendekatai gerbang.

TINN 3x

Gue terkejut. Refleks langsung noleh ke suara klakson itu. sebuah mobil toyota Yaris putih hendak masuk ke dalem rumah. Gue minggir, mobil itu melewati gue. Fuhh..gue masuk deh.

“Pak, saya mau ketemu sama….Ke..Ke ??” gue menghapal nama adik perempuannya Rio.

“Udah ada janji neng ??” tanya pak satpam.

Gue menggeleng. “Belum pak”

“Waduhhh..janji dulu atuh neng”

“Aelahh kaya orang penting aja. Ayoo lah pak, saya punya urusan penting sama dia” pinta gue. Pak satpam masih menggeleng.

“Ada apa Pak ??” tegur seseorang yang gue rasa dia baru keluar mobil. Gue liat dia dari atas sampe bawah. Hmm..cantik juga.

“Ini non, ada yang mau ketemu Non Keke” jawab si satpam.

Keke gentian ngeliatin gue. “Maaf siapa ya ??”

“Mmm..gue Agni. Bisa ngga gue ngomong sebentar sama loe. Di dalem ??”

Keke keliatan berpikir dulu. Sampe kemudian..
“Yaudah deh..yukk masuk !”

Gue mengekor Keke ke ruang tamu. Keke mempersilahkan gue duduk.

“Mau minum apa ??” tawarnya.

“Ngga usah repot repot. Gue kesini Cuma..”

“Cuma ??”

“Maaf kalo gue ikut campur sama urusan keluarga loe. tapi ini semua gue lakuin untuk ngebahagiain seseorang”

Alis Keke terangkat satu. “Siapa ??”

“Rio”

Ekpresi mukanya tampak salting pas gue sebut nama Rio.

“Kenapa ??” tanya gue.

“Ke..Kenapa apanya ??”

“Kenapa loe nitipin kaka loe itu ke rumah sakit jiwa ?? loe kan bisa ngerawat dia..loe bayar orang lain atau psikolog buat bantu Rio sembuh. Ngga harus pake jalan pintas kaya gitu kan ??” tanya gue.

Keke diam, menunduk.

“Jawab Ke !!”

“Loe ngga tau apa apa tentang penderitaan gue Ka !! gue malu punya kaka gila kaya Ka Rio, gue…gue ngga bisa terus terusan nahan dia di rumah ini. Loe harus tau, kalo..kalo semua itu ngga mudah buat gue” seru Keke sambil terisak.

“Tapi loe juga harus tau, kalo ini semua ngga mudah buat seorang Mario” gue meniru kalimat Keke tadi. Keke masih diam. Lalu beberapa menit kemudian dia mengangkat wajahnya. “Maksud kaka ??”

“Dia kesepian disana Ke, loe kan ngerti gimana suasana di RSJ. Semua pasien itu ngga dianggep. Ngga ada orang yang mau repot repot untuk nemenin salah satu pasien kecuali yah, suster ato petugas. Tapi itu aja ngga cukup mengerti mereka. Ngga ada yang peduli sama mereka. Loe tau ?? Rio pernah diguyur bekas ngepel gara gara ngga mau mandi. Loe tau ?? Rio pernah dikasih air minum yang masih mendidih gara gara dia ngga mau minum obat. Dan masih banyak lagi derita lain yang kaka loe alami disana. Rio kesepian Ke, dia kekurangan kasih sayang. Kalo dia disana terus, bukan kesembuhan yang dia dapet. Tapi penderitaan. Petugas disana memperlakukan Rio Rio lain dengan kasar dan ngga wajar. Yang Rio butuhin untuk sembuh adalah…kumpul sama keluarganya. Sama loe Ke, adik sekaligus keluarga satu satunya yang dia punya” jelas gue panjang lebar.

Airmata Keke makin deras. “Mhhmmm..gue pengen buat Ka Rio bahagia ka, gue juga pengen Ka Rio sembuh, gue pengen main main lagi sama Ka Rio kaya dulu.  Maaf kalo cara gue salah”

“Terus apa loe mau nebus semuanya ?? dan ngulang dari awal . ??”

Keke menggeleng. “Beri gue waktu ka”

“Waktu ??”

“Gue perlu ngerenungin semua yang loe ucapin. Pliss ka, kalo gue udah siap dengan kembalinya Ka Rio, gue pasti bakal jemput dia”

Gue menghela. “Loe mau janji sama gue ??”

“Jangan paksa gue untuk berjanji sesuatu yang belum pasti ka” jawaban Keke bikin gue gregetan. Gimana sih ??

“Terserah loe deh, gue bakal terus bujuk loe supaya ngeluarin Rio dari tempat itu” ujar gue.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Gue ngga tau jalan pikiran Keke gimana. Apa sih untungnya nitipin Rio ke RSJ ?? mending terapi ke psikiater aja.  Yang jelas sejak hari itu, gue makin rajin bujuk Keke. Sampe pada akhirnya yah, Keke mau ikut gue ke RSJ buat nengokin Rio.

Pertama Keke masuk RSJ, ekspresinya sama persis kaya gue. Ketakutan dengan tingkah ajaib pasien. Gue gandeng Keke biar dia ngga lagi ketakutan. Selanjutnya gue ke kolam belakang, tempat favorit Rio. Bener aja, Rio ada disana. Gue mendekatinya.

Potong bebek angsa
Angsa dikuali, nyonya minta dansa..

Sebait lagu anak anak yang Rio alunkan. Gue tepuk pundaknya. Rio menolah dan tersenyum.

“Yeee..gitar gitar !!” dia tepuk tangan, lalu menggenggam tangan gue. Gue tersenyum masam. Gue noleh ke Keke yang berdiri rada jauh dari tempat gue. Diaa nangis liat tingkah kakaknya. Gue kasih isyarat supaya Keke mendekat. Keke melangkah walau terlihat ragu.

“Yo, kamu masih inget dia ngga ??” gue nunjuk Keke. Rio palingkan wajah ke Keke. Dia mengamati Keke dari atas sampe bawah. Keke tersenyum pait. “Hayy Ka”

Rio menyipitkan matanya, lalu bangkit dari duduk dan pergi. Gue bisa liat wajah sedih Keke. Gue bingun kalo udah kaya gini. Tapi gue yakin pasti rencana gue bisa berjalan lancar. Moga..


^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^


“Aduhhh..gue bingung deh sama geng kita. Sivia matanya bengkak udah beberapa hari ini. Ify 2 hari ngga masuk dengan alesan ngga jelas. Shilla sama Oik kayanya yang lagi seneng deh. Dan loe Agni, gue perhatiin loe beda banget tau ngga ??” ungkap  Aren pas kami lagi kumpul di kantin.

“Beda gimana ??” tanya gue.
“Loe tuh…kaya lagi mikirin sesuatu. Mikir apa sih ?? bukan mikirin utang kan ??’ tebak Zeva asal.

“Enak aja loe. emang loe”

“Huu” cibir Zeva.

“Gue ngga papa kok. Eh gue mau ke kelas dulu ya..nyatet PR. Bye” pamit gue. Gue ngga suka diintrogasi. Jadi gue lebih milih nyalin PR ketimbang di kantin. Ntar sepulang sekolah gue sama Keke mau ke RSJ lagi. Moga sikap Rio berubah.

@RSJ

“Ka, gimana gue mau bawa Ka Rio pulang kalo sikapnya aja kaya gitu ke gue ??” tanya Keke sebelum kami menemui Rio.

“Rio kaya gitu ngga akan lama kok. Dulu pas awal awal, gue juga dicuekkin Rio. Tapi loe bisa liat  sekarang kan ??”

Keke ngga menjawab.

“Nah itu Rio, yuk kesana”

“Hayy Rio” sapa gue. Keke Cuma mandang Rio. Dia mau nyapa tapi takut dicuekkin kayanya.

“Rio pengen pulang..pulang..pulang…” lirih Rio. Suaranya kecil banget, tapi cukup bikin gue merinding+sedih. Gue noleh ke Keke.

“Loe denger sendiri kan ??”

Keke kembali diam seribu bahasa.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Hari ini Keke ngga ikut gue. Dia mau ada bimbel katanya. Lagian juga gue ke RSJ nya habis latihan karate.

“Loe mau kemana Ag ?? buru buru amat” tanya Riko [as gue beres beres tas.

“Mau ke rumah sakit”

“Siapa yang sakit ??”

“Temen gue”

“Gue ikut boleh ??” tawar Rio.

“Mmmm boleh deh. Yukk” Riko membututi gue. Gue seperti teringat sesuatu.

“Ehh tunggu tunggu !!” gue menghentikan langkah. Riko ikutan berhenti. “Kenapa ??”

“Loe boleh ikut gue asalkann…”

“Asalkan apa ??”

“Asalkan loe ngga boleh kaget nanti”

“He ?? emang ada apa sih ??”

“Ahh gue ngga bisa jelasin sekarang.pokoknya loe janji dulu”

“Iye iye gue janji”

“Nah gitu dong..yokk”

Gue ngga suka ada orang baru yang mandang pasien RSJ—terutama Rio—dengan sebelah mata. Mereka kan juga manusia. Cuma otak mereka aja yang lagi konslet. Mereka tuh ibaratkan pasien normal di rumah sakut umum. Cuma ya..gitu deh, kalian tau kan maksud gue ??


Sesampainya di RSJ.

“Engg..yang loe maksud rumah sakit itu ini Ag ??” pekik Riko heran.

“Eitsss, tadi loe janji apa sama gue ??”

“Eh iya sori. Gue Cuma..ngga nyangka”

“Udah ah yokk masuk”


Pertama masuk RSJ, pastinya tempat yang gue tuju adalah kolam ikan di taman belakang. Bener kan kata gue, Rio ada disana.

“Hayy Rio, aku kesini mau nanyanyiin kamu lagi pake gitar. Mau mau ??” gue ikutan slogan kartu GSM *sensor* . kalo sama Rio gue emang pake ‘aku-kamu’ soalnya kalo pake ‘gue-loe’ kesannya terlalu kasar.

“Yeee..mau mau !!” Rio tepuk tangan kegirangan. Riko mandang Rio dengan tatapan aneh.

“Orang gila” lirihnya. Gue mendelik. “Jaga bacot loe !!”

“Kenapa ?? emang bener kan ???”

“Ko, mending loe pergi deh dari sini ketimbang loe ngehina Rio lagi” usir gue.

“Ya sori deh Ag” Riko diem. Gue pungut gitar yang tergeletak di samping Rio. Tapi Rio malah justru menjauhkannya dari gue. Kenapa lagi nih ?

“Rio, gitarnya kasihin aku dong, kan mau aku nyanyiin pake gitar”  bujuk gue. Rio mendelik ke Riko.

“Ahhhhh” desisnya. Lalu bangkit dan mendorong Riko keras sampe dia nyaris tercebur ke kolam.

“Ehh apa apaan nih Ag ?? dia kenapa sih ???” protes Riko. Gue ngeliatin mata Rio. Matanya itu nunjukin kesan ngga suka dengan adanya Riko diantara kami. Gue paham sekaligus inget, kalo gue lagi ngegitar sama Rio, ngga boleh ada yang nemenin lagi. Soalnya pernah pas Bu Salma nemenin gue yang lagi ngegitar, Rio malah melempari muka Bu Salma dengan ikan kecil yang dia ambil dari kolam. Yah mungkin Rio juga ngga suka ada Riko gara gara itu.

“Ko, mending loe cabut dari sini deh”

“Loh kenapa Ag ??”

“Rio ngga suka sama keberadaan loe” ucap gue.

“Apa ?? emang gue kenapa ??”

“Aduhh loe ngeyel banget sih, udah deh Ko loe nurut aja. Ketimbang nanti Rio ngamuk” saran gue.

“Oke oke” sebelum pergi, dua tatapan sinis antara Rio dan Riko beradu. Gue terkejut, pas gue ngeliat tatapan sengitnya Rio. Asli deh, belum pernah gue liat Rio mandang orang sampe segitunya. Kenapa sama Riko ??

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar