Minggu, 10 Juli 2011

Magentha (Keabadian Cinta dalam Persahabatan) -Part 3(Agni)-

AGNI P.O.V

Gue terduduk gelisah di rumah sakit saat ponsel gue bergetar. Ada sms masuk. Dari Zevana.

From : Jeje

Ag, loe dimana sih ???
Buruan dateng ke rumah Oik..!!!!

Busettt..tanda pentung semua. Pasti mereka udah nungguin gue ampe jamuran. Yah, mau sampe tua juga, gue ngga akan dateng. Gue masukan ponsel ke saku jaket. Gue ngga akan dateng. Itu semua gara gara masalah dateng menghampiri gue. Pas gue lagi OTW ke rumah Oik, bencana dateng. Mobil gue yang gue kendarain kaya orang kesetanan ngga sengaja nabrak seorang cowo sampe tuh cowo terluka. Sebagai manusia baik hati, jelaslah gue tanggungjawab. Gue bawa tuh cowo ke rumah sakit. Gue suruh orang sekitar bawa mobil gue, sementara gue duduk di belakang sambil mangku kepala tuh cowo. Mm…manis juga.

Opppzzz..gue terkejut bukan main. Gue ngeliat badge di dada pakaian yang dikenakannya. Gue menarik nafas saat membacanya.

Mario Stevano Aditya
‘Rumah Sakit Jiwa Purnama Kasih’

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

“Anda keluarga pasien ??” tanya sang dokter. Gue sempet ragu, tapi akhirnya mengangguk juga. “Iya dok, gimana keadaan temen saya ??.”

“Ngga terlalu parah. Cuma cedera ringan di kepalanya. Besok juga sudah bisa pulang” gue tersenyum pait.

“Bisa saya temui dok ???”

“Ohh tentu. Silakah” gue masuk ke kamar rawat. Disana gue liat cowo yang gue tabrak tadi. Kepalanya di perban. Posisinya duduk nyender ranjang. Tatapannya kosong. Gue mendekat.

“Hay” sapa gue. Dia ngga menjawab—melirikpun engga--.

“Gue Agni” gue julurin tangan. Hening. Dia ngga menyambut  tangan gue.
“Sori..gue yang nabrak loe sampe kepala loe musti di perban segala. Sekali lagi sori” cowo itu tetep nyuekin dia. Gue duduk di kursi samping ranjangnya. Gue mainin hape gue sendiri. Yah seenggaknya gue udah tanggungjawab.

Ibu kita kartini
Putri sejati
Putri Indonesia..harum namanya

Refleks gue angkat muka ke arah cowo itu. gue liat bibirnya mengucap dan membentuk nyanyian yang barusan dia nyanyikan. Suaranya pelan banget. Dan tatapan matanya masih kosong. Gue bener bener bingung…

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^


“Loe kemaren kemana aja sih ??!!” omel Shilla begitu liat gue udah duduk manis di bangkunya. Shilla naruh tas di bangku sebelah gue, lalu duduk di meja.
“Jawab dongdong..loe kemana ?? gue sama yang lain udah jamuran nungguin loe. Mana sms ngga dibales. Tidur loe ??”
Gue mandang temen gue. Gue hela nafas. “Gue mumet”
“Hah ?? kenapa ?? kalo mumet ya minum *sensor* dong”
“Bukan mumet itu dongdong..”

“Terus ??”

“Arghh..loe ngga akan ngerti. Ntar jam ke 5 gue mau bolos”

“He ?? ngapain ?? kemana ??”

“Ke rum..eh, ke rumah lah. Gue ngantuk. Tadi begadang sampe jam 2 gara gara nonton bola. Gue mau tidur di rumah” aku gue boong. Shilla mengangkat satu alisnya. Dia temen SMP gue. Jadi otomatis, segala tentang gue dia tau. Begitu juga sebaliknya.

“Via..astaga, mata loe bengkak. Pasti loe abis nangis ya ??” pekik Shilla yang kaget liat Sivia masuk kelas dengan mata yang udah mirip telur saking bengkaknya. Oke, perhatian temen temen gue udah mulai beralih ke Sivia. gue ikutan nimbrung deh..
^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Jam ke-5 gue beneran bolos. Ify si Miss cuek juga ikut bolos. Gue ngga tau alesannya apaan. Kami nerobos pintu kecil di sudut parkiran. Untung gue sama Ify ngga bawa kendaraan. Sampe di halte, kami berpisah.

“Bis nya udah dateng. Gue cabut ya Ag” gue melongo. Sejak kapan Miss cuek demen naik bis ??.

Keheranan gue ngga berlangsung lama ketika Bis yang akan mengantarkan gue ke tempat tujuan dateng..

@RSJ  Purnama Kasih

“Namanya Mario atau Rio. Dia menjadi penghuni rumah sakit ini sekitar 7 bulan lalu. dia mengalami tekanan mental karna melihat secara langsung perampokan sadis yang terjadi pada keluarganya. Ayah dan ibunya di bantai, sementara adik perempuannya dan Rio yang selamat. Sejak saat itu Rio jarang berbicara. Tatapan matanya kosong. Dan lagi, dia sering berteriak histeris terkadang bicara sendiri. 7 bulan lalu dia dititipkan adiknya kemari” jelas Bu Salma, pembina RSJ.

“Lalu adik perempuannya kemana bu ??” tanya gue.

Bu Salma menghela nafas. “Dia tinggal di rumah nya sendiri. Katanya, dia sibuk sekolah dan ngga mau Rio terabaikan jika tinggal bersamanya”

“Tega banget sih..gitu gitu juga kan kakaknya” gumam gue. Bu Salma tersenyum.

“Maaf ya bu, saya udah nabrak Rio dans ekarang Rio ada di rumah sakit” ucap gue sekali lagi.

“Ngga papa Nak Agni..kemarin itu Rio berusaha kabur. Dia memang sering seperti itu. kami para suster sampe kewalahan. Rio pasien yang sangat sulit”


Sepulang dari RSJ, gue sama Bu Salma berkunjung ke rumah sakit. Sekalian beres beres karna hari ini Rio akan kembali ke RSJ.

“Rio..kita pulang ya Nak..” bujuk Bu salma lembut. Dia gandeng Rio perlahan. Gue tatap Rio yang sedang bernyanyi halus.

Indonesia tanah air beta..
Pusaka abadi nan jaya..
Asli, gue miris banget denger nyanyiannya..

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Rio udah pulang dari rumah sakit bukan berarti gue lepas tanggungjawab. Entah mengapa, gue tersentuh sama kisah cowo yang seumuran sama gue itu. gue berniat nyari tentang adiknya. Gue harus ngembaliin Rio pulang ke rumah. Harus !!.


“Ag, hari ini kumpul di rumahnya Shilla. Loe ikut kagak ??” tanya Acha.

“Haduhh untuk hari ini gue ngga dateng deh..sori” gue musti ke RSJ buat nengokin Rio.

“Beuhhh…Ify juga ngga dateng. Sivia ada acara sama Alvin. Sekarang loe juga ngga dateng ?? mau kemana sih ?? sibuk bener loe akhir akhir ini. Loe sama Ify tuh” tutur Zeva. Aduhh..gue ngga ada waktu untuk dengerin ceramahan loe Je..

“Tapi maappp banget yakk..kali ini gue ngga bisa. Sori gue buru buru. Bye bye” gue langsung ngacir keluar kelas. Ngga peduli rutukan temen temen gue.

@RSJ

Gue bergidik ngeri liat manusia manusia yang ‘rada’. Ada yang ngomong sama tembok, nyatain cinta pake bunga ke ember, nangis nangis, ketawa kaya kunti, berlagak seperti polisi, dan masih banyak lagi hal ajaib mereka. Untung gue cepet ketemu Bu Salma. Kalo engga bisa sekarat gue lama lama di lingkungan ‘ajaib’ itu.

“Gimana keadaannya Rio ,Bu ??”

“Baik mba…Cuma yah, sama seperti sebelumnya. Dia asik merenung di taman belakang deket kolam. Itu tempat favoritnya”

“Saya boleh kesana Bu ??”

Bu Salma menatap gue tak percaya. “Boleh saja tapi….”

“Tapi apa Bu ??”

“Tapi mba Agni harus siap dengan segala perlakuan yang mba terima dari Rio”

Gue mengangkat satu alis. “Baik Bu, apapun itu saya terima”

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Gue perlambat langkah kaki. Disana, di taman belakang tepatnya di sisi kolam ikan, gue liat Rio sedang mencelupkan kakinya ke dalam kolam ikan. Matanya menatap lurus ke depan. Gue tarik nafas, gue hampiri Rio.

“Hay Rio..gue ikutan nongkrong ya” tanya gue. Tanpa menunggu jawaban Rio, gue letakan kaki menuruti kaki Rio. Clupp..seger juga airnya.

“Woii Bro, loe kok diem aja sih ?? ngomong kek, gue kan mau denger loe ngomong..gue pengen..”

Byurrr…
Tanpa permisi, Rio dorong bahu gue kenceng hingga gue terpeleset dan masuk ke dalem kolam. Setelah itu dengan tampang sinis, Rio ninggalin gue yang basah kuyup. Ancriiirtttttt…. !!!.

“Aduhh..maap ya mba Agni..ini handuknya mba” Bu Salma menyerahkan handuk biru muda ke gue. Gue tersenyum pait. Kejadian tadi ngga di duga duga. Sialan tuh cowo..

“Sekali lagi maaf ya mba, Rio emang begitu orangnya. Maaf ya mba. Saya jadi ngga enak sekali” ucap Bu Salma sekali lagi.

“Ngga apa kok Bu, tadi kan saya udah bilang kalo saya siap terima apapun perlakuan Rio ke saya” balas gue terpaksa. Padahal dalam hati gue marah banget.

Emosi gue Cuma sesaat. Gue ngga tau apa yang ada pada Rio. Tapi yang jelas, gue makin penasaran sama dia.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Gue mendudukkan diri di ayunan belakang rumah. Tempat  favorit gue menyendiri. Disana gue ngelamun. Kenapa gue bisa segitu penasarannnya sama cowo stress macem Rio sih ?? kehadiran dia..mampu merebut perhatian gue. Di dalam hati gue terdalam, gue sangat menginginkan dia bahagia. Selama idup, gue belum pernah ngelakuin hal yang bisa menyenangkan orang lain. Tapi sejak ketemu Riod an tau kisah hidupnya, gue terenyuh, gue rasa, dialah orang pertama yang harus gue buat bahagia. Gue janji Yo, gue bakal mengembalikan kebahagiaan loe…
^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Esoknya gue kembali ke RSJ. Gue ngga nemuin Rio di taman belakang, melainkan sedang bersandar di beton penyangga RSJ. Tatapannya kosong—seperti biasa—. Sedikit ragu, gue dekati dia.

“Gue duduk sini ya” ijin gue. Ngga ada tanggepan. Samar samar gue denger nyanyian lirih yang keluar dari mulutnya.

Biarkanlah kurasakan..
Hangatnya sentuhan kasihmu..

Tumben bukan lagu kebangsaan ??. gue perhatikan, suaranya merdu juga. Sedang asik asiknya, Rio malah menghentikan nyanyiannya. Sepertinya dia tau kalo gue lagi merhatiin dia. Gue noleh, Rio natap gue dengan tatapan tak suka. Oke Agni, tampaknya beberapa detik lagi loe bakal nerima perlakuan ajaib dari Rio.

Oo-ooww…ternyata engga. Rio natap gue sebentar. Lalu matanya kembali kosong. Mulutnya pun melanjutkan syair syair lagu.

“Mau ngasih makan ya Bu ??” samber gue begitu liat Bu Salma membawa nampan berisi mangkuk dan segelas airputih. Serta tempat kecil berisi beberapa butir obat.

“Eh iya mba”

“Buat Rio ya Bu ??”

“Iya mba”

“Biar saya aja Bu”

Alis Bu Salma menyatu. Tak percaya dengan tawaran gue. Gue rebut nampan di tangannya.
“Tenang aja Bu, saya udah siap nerima resiko apapun” ucap gue tersenyum.

“Sabar ya mba. Apalagi Rio termasuk tipe pasien yang susah makan” pesen Bu Salma. Gue menanggapi dengan senyuman. Gue susul ke tempat Rio berada.

“Hay Bro..makan dulu ya” gue ambil mangkuk berisi bubur. Rio memandangi aktifitas gue.
“Nih makan. Buka mulutnya..aaaaa” gue membuka mulut gue. Selayaknya menyuapi anak balita. Kali ini Rio memandang gue lama. Gue sedikit salting.

“Rio..ayoo dong buka mulut loe. Gimana mau sembuh kalo loe ngga makan ??” bujuk gue selembut lembutnya. Rio masih memandangi gue. Asli, bisa mati kutu gue.

“NGGA !!” sergah Rio. Dia menepis sendok yang gue sodorkan ke mulutnya. Akibatnya, sendok itu terlempar dan mengenai orang gila lain. Orang sinting itu noleh, tatapannya marah. Dia cewe dengan muka dihiasi make-up menor, rambut diikat dengan pita warna warni. Cewe itu menghampiri gue.

“Dasarr nakal !!!” si cewe gila jambak rambut gue. Buseettt..biarpun stress, jambakannya mantep juga. Bisa rontok rambut gue.

“Lepasinn..minggir kamu” seseorang mendorong cewe gila. Gue mendongak. Astaga..apa gue ngga mimpi ?? dia..dia, Rio belain gue. Ya, Rio. Dia menjauhkan cewe miring itu dari gue. Kepala gue masih pedes akibat jambakan tadi.

“Rioo..makasih ya tadi” ucap gue. Rio menatap gue sebentar, lalu ngacir pergi entah kemana. Gue menatap punggungnya. Tanpa bisa gue cegah, seulas senyum tipis terbentuk di bibir gue.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

“Agni !!” seru seseorang. Gue noleh. “Riko ??” Riko itu rekan karate gue. Kemampuannya jauh diatas gue. Boleh dibilang, dia kakak kelas gue.

“Kenapa Ko ??”

“Jalan yukk !!”

“Kapan ??”

“Lebaran. Ya sekarang lahhhh”

“Oheehe..maaf Ko, bukannya gue nolak. Tapi sekarang gue sibuk. Lain kali aja ya” elak gue. Sepulang karate, gue mau ke RSJ.

“Kemana ??”

“Emang penting ya buat loe ??” gue ngga suka ditanyain semacem itu.

“Pentinglahh”

“Sori, tapi menurut gue loe ngga ada kepentingan. Gue cabut ya, bye”

Gue tau, Riko naksir gue. Dari gerak geriknya. Tapi sampe sekarang dia belum ngungkapin perasaannya ke gue. Gue akui, gue juga tertarik sama dia. Makanya gue ngga sabar nunggu dia nyatain cinta. Kalo bukan karna penasaran yang menggebu gebu ke Rio, gue ngga akan nolak ajakannya jalan.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Gue liat Rio duduk santai di kolam ikan. Ada sebuah gitar di pangkuannya. Gue dekati perlahan.

Tengg..tengg..

Rio memetik gitar asal asalan. Gue geli sendiri liatnya.

“Bukan begitu mainnya. Yang bener itu kaya gini” gue merebut gitar di pangkuan Rio. Dan meletakkan gitar tersebut di pangkuan gue. Rio menoleh cepat, gue sempet liat  tatapan marahnya. Tapi gue berusaha cuek.

Jrenggg…
Gue petik gitar. Alunan suaranya membentuk sebuah lagu. Gue nyanyiin sekalian dehh..

Cinta adalah misteri dalam hidupku
Yang tak pernah ku tau akhirnya..
Namun tak seperti cintaku pada dirimu
Yang harus tergenapi dalam kisah hidupku

Ku ingin selamanya
Mencintai dirimu
Sampai saat ku akan menutup mata dan hidupku
Ku ingin selamanya
Ada di sampingmu
Menyayangi dirimu sampai waktu kan memanggilku..

Ku berharap abadi dalam hidupku
Mencintamu..bahagia untukku
Karna kasihku hanya untuk dirimu
Selamanya kan tetap milikmu..

Ku ingin selamanya
Mencintai dirimu
Sampai saat ku akan menutup mata dan hidupku
Ku ingin selamanya
Ada di sampingmu

Jrenggg…gue tutup lagu dengan dentingan pada petikan terakhir gitar. Rio menatap gue tak berkedip.

“Bagusss” gue tersentak. Gue noleh ke Rio. Barusan dia bilang apa ?? baguss ??. dan…gue liat, gue liat untuk yang pertama kalinya. Senyuman Rio. Ya Tuhan, gue seneng banget..banget..

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Esok paginya

“Mampus gue kesiangan…si Oik mana ??” tanya gue.

“Oik belom dateng”

“Aduhhh mati gue”

“Kenapa Ag ??”

“Buku Bio gue ada di dia. Minggu kemaren kan dia ngga masuk. Makanya dia pinjem catetan gue. Dan gue lupa kalo ada PR di buku tulis. Mana Biologi jam pertama lagi” tutur gue panik. Aduhh..si Oik mana sih ??. sebenernya salah gue juga yang tidur kemaleman gara gara mikirin Rio. Gara gara gue juga yang lupa sms Oik untuk nyuruh dia berangkat pagi. Gue kacau. Seluruh pikiran gue hanya ada Rio. Rio. Dan Rio..

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Sekian dari Agni.. tunggu lanjutannya ya..
Part  4 giliran Oik.
Maaf kalo di part ini, Rio dapet peran jadi orang gila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar